Pengertian Model Pembelajaran IPA Terpadu

- Desember 09, 2019
Pengertian Model Pembelajaran IPA Terpadu dikemukakan oleh beberapa ahli, menurut  Trianto (2007: 2) model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang dapat kita gunakan untuk mendesain pola-pola mengajar secara tatap muka di dalam kelas atau mengatur tutorial, dan untuk menentukan material/perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film film, tipetipe, program-program media komputer, dan kurikulum.

Sementara yang dimaksud dengan pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran (Hamalik, 2008:57).

Ilmu Pengetahuan alam (IPA) sains (dalam arti sempit) sebagai disiplin ilmu terdiri atas phisical sciences dan life sciences. Physical sciences terdiri dari ilmu-ilmu astronomi, kimia, geologi, mineralogi, meteorologi dan fisika; sedangkan life sciences meliputi biologi, zoologi, dan fisiologi (Sumaji  1998:31). Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan bagian dari ilmu pengetahuan atau sains yang semula berasal dari bahasa Inggris ‘science’. Kata ‘science’ berasal dari Bahasa Latin ‘Scientia’ yang berarti saya tahu.

Wahyana (1986) dalam Trianto (2010: 136) mengatakan bahwa IPA adalah suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematik, dan dalam penggunaannya secara umum terbatas pada gejalagejala alam. Perkembangannya tidak hanya ditandai oleh adanya kumpulan fakta, tetapi oleh adanya metode ilmiah dan sikap ilmiah.

Secara umum IPA meliputi tiga bidang ilmu dasar, yaitu biologi, fisika, dan kimia. Fisika merupakan salah satu cabang dari IPA, dan merupakan ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep.

Menurut Prabowo (2000:2) pembelajaran terpadu adalah suatu proses pembelajaran dengan melibatkan/mengkaitkan berbagai bidang studi. Pendekatan belajar mengajar seperti ini diharapkan akan dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada peserta didik. Arti bermakna disini dikarenakan dalam pembelajaran terpadu diharapkan anak akan memperoleh pemahaman terhadap konsep-konsep yang mereka pelajari dengan melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Prinsip utama pengembangan pembelajaran terpadu adalah Developmentally Appropriate Practice (DAP) yang merupakan pendekatan belajar-mengajar yang memperhatikan dan menyesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik. Pendekatan yang berangkat dari teori pembelajaran yang menolak drill-system sebagai dasar pembentukan pengetahuan dan struktur intelektual anak (Trianto 2007: 21).

Sukayati (2004:2) menjelaskan pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya pemaduan itu peserta didik akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi peserta didik. Bermakna disini memberikan arti bahwa pada pembelajaran terpadu peserta didik akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata yang menghubungkan antar konsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran.

Pembelajaran terpadu adalah pembelajaran yang diawali dengan suatu pokok bahasan atau tema tertentu yang dikaitkan dengan pokok bahasa lain, konsep tertentu dikaitkan dengan konsep lain, yang dilakukan secara spontan atau direncpeserta an, baik dalam satu bidang studi atau lebih, dan dengan beragam pengalaman belajar peserta, maka pembelajaran menjadi lebih bermakna (Hadisubroto dalam Trianto, 2011:56).

Hal tersebut senada dengan penjelasan di atas dipaparkan oleh Sukandi dkk (Trianto, 2011:56) bahwa pembelajaran terpadu pada dasarnya dimaksudkan sebagai kegitan mengajar dengan memadukan materi beberapa mata pelajaran dalam satu tema. Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan cara ini dapat dilakukan dengan mengajarkan beberapa materi pelajaran yang disajikan tiap pertemuan.

Memahami penjelasan dari model pembelajaran, pembelajaran, IPA dan Pembelajaran terpadu sebagaimana dijelaskan di atas, maka dapatlah dipahami bahwa yang dimaksud model pembelajaran IPA terpadu dalam penelitian ini adalah kegitan mengajar dengan memadukan materi beberapa mata pelajaran IPA dalam satu tema pembelajaran.

Atikel Terkait:
Karakteristik Model Pembelajaran IPA Terpadu
Manfaat dan Tujuan Model Pembelajaran IPA Terpadu
Prinsip Model Pembelajaran IPA Terpadu
Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran IPA Terpadu


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search