Manfaat dan Tujuan Model Pembelajaran IPA Terpadu

- Desember 09, 2019
Setiap model pembelajaran tentu mempunyai manfaat dan tujuan-tujuannya tersendiri, dialamnya mengndung ciri khas yang berbeda dengan model pembelajaran satu dengan yang lainnya begitupun dengan model pembelajaran IPA terpadu.

Manfaat Model Pembelajaran IPA Terpadu

Beberapa manfaat dari penerapan pelaksanaan pembelajaran terpadu dijelaskan Hernawan dan Resmini (2005:1.15) antara lain;
  1. Dengan menggabungkan berbagai mata pelajaran akan terjadi penghematan karena tumpang-tindih materi dapat dikurangi bahkan dihilangkan.
  2. Peserta didik dapat melihat hubungan-hubungan yang bermakna sebab materi pembelajaran lebih berperan sebagai sarana atau alat daripada tujuan akhir itu sendiri.
  3. Pembelajaran terpadu dapat meningkatkan taraf kecakapan berpikir peserta didik. Hal ini dapat terjadi karena peserta didik dihadapkan pada gagasan atau pemikiran yang lebih besar, lebih luas, dan lebih dalam ketika menghadapi situasi pembelajaran.
  4. Kemungkinan pembelajaran yang terpotong-potong sedikit sekali terjadi, sebab peserta didik dilengkapi dengan pengalaman belajar yang lebih terpadu sehingga akan mendapat pengertian mengenai proses dan materi yang lebih terpadu.
  5. Pembelajaran terpadu memberikan penerapan-penerapan dunia nyata sehingga dapat mempertinggi kesempatan transfer pembelajaran (transfer of learning).
  6. Dengan pemaduan pembelajaran antarmata pelajaran diharapkan penguasaan materi pembelajaran akan semakin baik dan meningkat.
  7. Pengalaman belajar antarmata pelajaran sangat positif untuk membentuk pendekatan menyeluruh pembelajaran terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. Peserta didik akan lebih aktif dan otonom dalam pemikirannya.
  8. Motivasi belajar dapat diperbaiki dan ditingkatkan dalam pembelajaran antarmata pelajaran. Para peserta didik akan terlibat dalam “konfrontasi yang melibatkan banyak pemikiran” dengan pokok bahasan yang dihadapi.
  9. Pembelajaran terpadu membantu menciptakan struktur kognitif atau pengetahuan awal peserta didik yang dapat menjembatani pemahaman yang terkait, pemahaman yang terorganisasi dan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep-konsep yang sedang dipelajari, dan akan terjadi transfer pemahaman dari satu konteks ke konteks yang lain.
  10. Melalui pembelajaran terpadu terjadi kerja sama yang lebih meningkat antara para guru, para peserta didik, guru-peserta didik dan peserta didik orang/ narasumber lain; belajar menjadi lebih menyenangkan; belajar dalam situasi yang lebih nyata dan dalam konteks yang lebih bermakna.

Sementara itu manfaat penerapan pembelajaran terpadu menurut Sukayati (2004:4) adalah sebagai berikut:

  1. Banyak topik-topik yang tertuang disetiap mata pelajaran mempunyai keterkaitan konsep dengan yang dipelajari peserta didik.
  2. Pada pembelajaran terpadu memungkinkan peserta didik memanfaatkan keterampilannya yang dikembangkan dari mempelajari keterkaitan antar mata pelajaran.
  3. Pembelajaran terpadu melatih peserta didik untuk semakin banyak membuat hubungan inter dan antar mata pelajaran, sehingga peserta didik mampu memproses informasi dengan cara
  4. yang sesuai daya pikirnya dan memungkinkan berkembangnya jaringan konsep-konsep Pembelajaran terpadu membantu peserta didik dapat memecahkan masalah dan berpikir kritis untuk dapat dikembangkan melalui keterampilan dalam situasi nyata.
  5. Daya ingat (retensi) terhadap materi yang dipelajari peserta didik dapat ditingkatkan dengan jalan memberikan topik-topik dalam berbagai ragam situasi dan berbagai ragam kondisi.
  6. Dalam pembelajaran terpadu transfer pembelajaran dapat mudah terjadi bila situasi pembelajaran dekat dengan situasi kehidupan nyata.

Berdasasrkan penjelasan di atas, dapatlah dimengerti bahwa manfaat model pembelajaran IPA terpadu juga demikian, hanya saja manfaat mendasar yang terjadi dalam pembelajaran IPA terpadu mengacu pada materi Ilmu Pengetahuan Alam yang dipadukan seperti perpaduan biologi, kimia, fisika dan lain sebagainya.

Tujuan Model Pembelajaran IPA Terpadu

Setiap model pembelajaran tentu mempunyai tujuan-tujuannya tersendiri, begitupun dengan model pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu dikembangkan selain untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, diharapkan peserta didik juga dapat:

  1. Meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajarinya secara lebih bermakna.
  2. Mengembangkan keterampilan menemukan, mengolah dan memanfaatkan informasi.
  3. Menumbuh kembangkan sikap positif, kebiasaan baik, dan nilai-nilai luhur yang diperlukan dalam kehidupan.
  4. Menumbuh kembangkan keterampilan sosial seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, serta menghargai pendapat orang lain.
  5. Meningkatkan gairah dalam belajar.
  6. Memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya (Sukayati, 2004:4).

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapatlah dipahami bahwa tujuan pembelajaran IPA terpadu pada dasarnya adalah untuk meningkatkan pemahaman materi IPS secara lebih bermakna, mengembangkan keterampilan IPA serta menemukan mengolah dan memanfaatkan informasi seputar materi IPA, menumbuh kembangkan sikap positif, kebiasaan baik, dan nilai-nilai luhur yang diperlukan dalam kehidupan dari pembelajaran IPA, Menumbuh kembangkan keterampilan sosial seperti kerja sama, toleransi, komunikasi, serta menghargai pendapat orang lain dalam pembelajaran IPA, meningkatkan gairah dalam belajar IPA serta milih kegiatan pembelajaran IPA yang sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Artikel Terkait:
Pengertian Model Pembelajaran IPA Terpadu
Karakteristik Model Pembelajaran IPA Terpadu
Prinsip Model Pembelajaran IPA Terpadu
Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran IPA Terpadu


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search