Wazan Fi’il Stulasy Mujarrad ( الأزوان الفعل الثلاثى المجرّد )

Wazan Fi’il Stulasy Mujarrad ( الأزوان الفعل الثلاثى المجرّد )-Sebelum membahas beberapa wazan dalam Fi’il Stulasy Mujarrad sebaiknya anda terlebih dahulu membaca artikel kami sebelumnya tentang pembagian fi’il dalam ilmu sharaf, sehingga ketika anda membaca bahasan ini akan mudah memahaminya. 

Wazan fi’il tsulasy mujarrad terdiri dari 6 wazan, semua wazan tersebut mempunyai ciri-cirinya tersendiri, wazan (1) mempunyai ciri berharakat fathah pada ain fi’il madzinya dan berharakat dhomah pada a’in fi’il mudharenya. (2) mempunyai ciri berharakat fathah pada ain fi’il madzinya dan berharakat karsah pada a’in fi’il mudharenya. (3) mempunyai ciri berharakat fathah pada ain fi’il madzinya dan berharakat fathah pula pada a’in fi’il mudharenya. (4) mempunyai ciri berharakat kasrah pada ain fi’il madzinya dan berharakat fathah pada a’in fi’il mudharenya. (5) mempunyai ciri berharakat dhomah pada ain fi’il madzinya dan berharakat dhomah pula pada a’in fi’il mudharenya. (6) mempunyai ciri berharakat kasrah pada ain fi’il madzinya dan berharakat kasrah pula pada a’in fi’il mudharenya.

Demikian 6 wazan fi’il stulasty mujarrad disertai ciri dan mauwzun-nya:
*Keterangan:
Maksud fa fi'il, ai'n fi'il dan lam fi'il dalam ilmu sharaf adalah huruf asli wazan, contohnya فعل huruf ف disebut fa fi'il, huruf ع disebut ai'n fi'il, huruf ل disebut lam fi'il. Maka jika mauwzunya نصر, huruf ن disebut juga dengan fa fi'il, huruf ص disebut ai'n fi'il dan huruf ر disebut lam fi'il. Apabila alam fi'il mudhore huruf ي di awal kalimat ينصر tidak termasuk sebagai huruf asli, karena huruf tersebut huruf tambahan. Maka fa fi'il, ai'n fi'il dan lam fi'il pada fi'il mudhare tetap ن - ص - ر.

Baca Juga: Wazan dan Mauzun dalam Bahasa Arab

Belum ada Komentar untuk "Wazan Fi’il Stulasy Mujarrad ( الأزوان الفعل الثلاثى المجرّد )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel