Wazan dan Mauzun dalam Bahasa Arab

- Maret 24, 2019
Bungfei.com-Pengertian Wazan dalam Morfologi Arab atau dalam Ilmu Sharaf menurut Jauhari (Tanpa Tahun: 14) adalah sebagai berikut:

الوزن لغة الكيل أو المقدار والوزن فى اصطلاح علم الصرف هو الأساس الذي تزون به الكلمات وتقوم عليه معرفة بنية الكلمة وما 
وقع فيها من التغيرا

Berdasarkan penjelasan di atas dapatlah kemudian dipahami bahwa wazan secara bahasa bermaksud timbangan atau ukuran, adapun pengertian wazan dalam Ilmu Sharaf adalah suatu dasar yang dijadikan ukuran atau timbangan dari kata bahasa Arab dan ukuran kata tersebut kemudian digunakan untuk mengetahui bangun suatu kata serta perubahan-perubahannya.

Wazan tidak terlepas dari mauzun, adapun pengertian mauzun menurut Jauhari (Tanpa Tahun: 14) adalah sebagai berikut:
الموزون هو الكلمات التى توزن الوزن

Berdasarkan penjelasan di atas dapatlah dipahami bahwa yang dimaksud dengan mauzun adalah kata-kata bahasa Arab yang mengikuti wazan. Wazan terdiri dari tiga huruf asal yaitu fa (فــ) ai’n (عين) dan lam (لم) huruf pertama dinamakan fa kalimat kedua ai’n kalimat dan yang ketiga lam kalimat (Jauhari, Tanpa Tahun: 14).

Dengan demikian maka dapatlah dipahami bahwa untuk mengidentifikasi kata asal dalam bahasa Arab dapat dilakukan dengan cara mengidentifikasi ketiga huruf dalam wazan tersebut. Contoh, kata (منصور) terdiri dari 5 huruf, adapun  huruf asalnya  hanya 3 huruf saja yaitu (ن- ص - ر)  dengan demikian huruf-huruf (م - و) adalah huruf tambahan saja. Kata (منصور) merupakan mauzun sekaligus juga sebagi isim maful dari fi’il Madzi (نصر) yang mengikuti wazan (فَعَلَ- يَفْعل).

Wazan fii’l dalam ilmu sharaf atau dalam morfologi Arab terdiri dari empat wazan yaitu, Tsulasti Mujarod, Tsulasti Mazid, Ruba’i Mujarod wa Mulhaq bih dan Ruba’I mazid (Fathu Rahim, Tanpa tahun:1). 


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search