Pembagian Fi’il Dalam Ilmu Sharaf

- November 28, 2019
Pembagian Fi’il dalam Ilmu Sharaf bermaksud macam،macam Fi’il ditinjau dari segi banyaknya huruf yang terdapat didalamnya serta bentuk  atau bina kalimat fi’il tersebut. Oleh karen itu maka pembahasan pembagian fi’il dalam ilmu sharaf berbeda dengan ilmu nahwu.

Pembagian Fi’il Berdasarkan Banyaknya Huruf

Berdasarkan jumlah hurufnya, Fi’il dalam ilmu Sharaf dibagi menjadi dua macam, yaitu Tsulasy dan Rubai’. Secara bahasa Tsulaty bermaksud “tiga” sementara rubai’ bermaksud “empat” oleh karena itu maksud dari Tsulasy adalah fi’il yang didalamnya terdiri dari 3 huruf asal, adapun rubai’ adalah fi’il yang didalamnya terdiri dari 4 huruf asal. Maksud huruf huruf asal dalam bahasa Arab adalah huruf pokok yang tidak termasuk pada huruf،huruf tambahan.

Contoh Fi’il Stulasy

Fi’il Tstulasy terbagi menjadi 2 macam, ada yang murni huruf asal disebut Mujarrad, ada yang dialamnya terdapat tambahan isebut Mazid, adapun contoh keduanya sebagai berikut:

Contoh Fi’il Rubai’

Fi’il Ruba’i terbagi menjadi 2 macam, ada yang murni huruf asal disebut Mujarrad, ada yang dialamnya terdapat tambahan disebut Mazid, adapun contoh keduanya sebagai berikut:

Pembagian Fi’il Berdsarkan Bentuk/Bina،Nya

Pembagian fi’il Dalam Ilmu Sharaf ditinjau dari bentuk/Bina-nya dibagi menjadi dua macam, yaitu fi’il salim dang hair salim.

Fi’il salim adalah fi’il yang fa, a’in dan lam fiilnya bebas dari huruf ilat, hamzah dan huruf dobel (tad’if), sementara yang dimaksu ghoir salim adalah fiil yang fa, ai’n dan lam fi’ilnya mengandung huruf ilat, hamzah dan huruf dobel (tad’if). Adapun contoh dari keduanya adalah sebagai berikut:

Kesimpulan

Pembagian Fi’il dalam Ilmu Sharaf dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu pembagian secara jumlah hurufnya dengan pembagian ilihat dari bentuk, atau bina-nya. Adapun kesimpulan dalam pembahasan ini dapat dipahami dari bagan dibawah ini:


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search