Pengertin Tashrif (التصريف)

- November 30, 2019
Tashrif atau التصريف ditinjau dari segi pengertiannya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pengertin tashrif secara bahasa dan secara istilah, yang dimaksud secara istilah dalam bahasan ini adalah istilah tashrif dalam ilmu Shorof.

Secara bahasa tashrif bermaksud perubahan (التغير), pergantian (التبديل) dan konversi (التحويل), sementara pengertian tashrif dalam ilmu sharaf dibagi menjadi dua macam sesuai dengan tujuannya. Kedua tujun tersebut adalah tujuan pemkanaan dan tujuan pelafadazan.

Istilah tashrif menurut tujuan pemaknannya, bermaksud perubahan kalimat asal pada bentuk yang berneka ragam untuk mendapatkan makna yang bergam. Seperti contohnya perubahan klimat "كتب" yang berarti "telah menulis" menjadi kalimat "كاتب" yang mempunyai makna "Penulis".

Pengertian Tashrif ditinjau dari tujuan pelafalannya bermaksud perubahan kalimat dari asalnya dengan maksud mempermudah pelafalan saja sehingga tidak mempengaruhi makna asal kalimat. Contohnya seperti pergantian huruf و dengan أ pada kalimat قال  asal kata dari kalimat tersebut adalah قول. Meskipun kata tersebut mengalami  perubahan huruf akan tetapi tidak merubah makna.

Tashrif ditinjau dari tujuan pemaknaanya dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu secara istilah dan saecara bahasa, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Secara istilah pengertian tashrif dalam tinjuaan pemaknaannya adalah perubahan kalimat dari asalnya menjadi banyak shigat, seperti kata perubahan kata قال menjadi يقول-قولا-قائل  dan seterusnya.

Secara bahasa pengertian tashrif dalam tinjuaan pemaknaannya adalah perubahan kalimat dari asalnya menjadi berbagai macam pembahasan sesuai dengan macam-macam dhamir yang tersmbung dengannya. Contohnya perubahan kalimat قال menjadai قالا-قالو-قلن dan sebagainya.

Keterangan ringkas mengenai pengertin tasrif dalam ilmu sharaf sebagaimana yang telah dibahas dapat dipahami secara ringkas melalui tabel dibawah ini;


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search