Teknik Membuat Coffee Shop Berdasarkan Karakteristik Gen Z

Generasi Z atau Gen Z disebut sebagai generasi yang lahir setelah generasi Y. Kumpulan orang yang termasuk ke dalam generasi ini adalah mereka yang lahir di tahun 1995 sampai dengan 2010. Umumnya mereka yang merupakan generasi Z disebut juga sebagai i-Generation atau generasi internet. Sementara itu, karakteristik Gen Z tersebut diantaranya:(1) mahir teknologi (2) suka berkomunikasi (3) mengumbar privasi (4) lebih mandiri (5) lebih toleran dan (6) penuh ambisi.

Diantara karakteristik generasi Z yang telah disebutkan bahwa prospek bisnis Coffee Shop dengan sasaran Gen-Z menjanjikan, karena dalam Coffee Shop  di sediakan wifi gratis dan didesain membebaskan mereka bergaul dan berkomunikasi berlama-lama di cafe baik komunikasi langsung maupun komunikasi melalui teknologi telekomunikasi dengan sambungan wifi yang disediakan. 

Agar dapat membuat Gen-Z merasa puas terhadap Coffee Shop, maka diperlukan mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasannya. Dan diantara faktor-faktor tersebut diantaranya lokasi Coffee Shop, kualitas produk Coffee Shop dan kualitas pelayanan Coffee Shop. 

Gen Z

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Risky dan Bustami (2023), bahwa Lokasi berperan penting terhadap kepuasan konsumen suatu produk barang atau jasa. Konsumen tidak mungkin mencari produk yang letaknya diluar jangkauan konsumen. Tentunya Konsumen akan berpikir dapat menghabiskan waktu, tenaga dan uang. 

Oleh karena itu, faktor lokasi dimana produk barang atau jasa pada rumah makan sangatlah bergantung pada kepuasan konsumen oleh konsumen. Faktor lokasi dan tempat juga merupakan faktor yang menentukan keberhasilan suatu bisnis. Selain itu, menurut pendapat Yamit (2015), bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan betul-betul dapat mempengaruhi kepuasan secara signifikan. Pernyataan tersebut ternyata juga sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh Yulistria dkk (2023) yang mana dalam penelitiannya menghasilkan data jika kualitas produk dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan.

Mengacu pada hal itu, bahwa agar Gen Z dapat merasa puas terhadap  Coffee Shop yang ada. maka lokasi, kualitas produk serta kualitas pelayanan yang ada pada bisnis  Coffee Shop harus ditentukan dan dibuat matang dan pendanaan yang memadai agar tujuan bisnis tercapai. 

Tujuan dari semua ini adalah Menjadikan Coffee Shop X sebagai Coffee Shop yang digandrungi Gen Z dan memberikan keuntungan sebanyak-banyaknya bagi pengusaha, investor serta para pegawai yang ada didalamnya. 

Belum ada Komentar untuk "Teknik Membuat Coffee Shop Berdasarkan Karakteristik Gen Z"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel