Sejarah Singkat Negara Israel Modern 1948

Sejarah Singkat Negara Israel Modern 1948-Ditanah Palestina dulu berdiri Kerajaan yang diperintah oleh Orang Filistin, namun orang-orang Filistin ini penyembah berhala. Mereka berbuat dzalim pada kaum pendatang (Keturunan Israel).

Keturunan Israel berhasil menghimpun masa dan memberontak pada negara Palestina. Hasilnya Palestina kalah dan orang-Orang Israel menang. Akhirnya orang-orang Israel itu mendirikan Negara ditanah Palestina dan memerintah disana. 



Zaman berganti, Tanah Palestina kemudian dijajah berbagai bangsa, mulai dijajah Babylonia dan Romawi, Kerajaan Israel Hancur Lebur. Pada masa itu pula orang Israel yang pengecut kabur ke luar Negeri. Sementara orang-orang Israel yang Kesatria tetap bertahan. 

Pada Masa Khalifah Umar Bin Khatab, Romawi diusir, selepas itu Palestina menjadi bagian dari Negara Islam Madinah.Penduduknyapun berangsur-angsur memeluk agama Islam. Islam menjadi agama mayoritas di tanah Palestina. Orang-orang asli palestina pun beralih dari penyembah berhala ke Islam. 

Ketika Islam sedang merosot, Eropa Kristen (Aliansi Paus & Kekaisaran Romawi Timur) mencoba melakukan penaklukan Pada Tanah Palestina, mulanya berhasil dan sempat mendirikan Kerajaan Boneka Kristen di Palestina, tapi mereka akhirnya dapat diusir oleh Salahudin.  

Ketika Kekuasaan Islam dipegang oleh Turki, Palestina menjadi bagian Turki, Palestina dikelola Turki dari abad ke abad hingga akhirnya pecahlah perang dunia I. Pada perang Dunia I Turki Kalah. Akibatnya tanah kekuasaan Turki diambil alih oleh pemenang perang (Inggris dkk). 

Selepas Perang Dunia I, inggris mengangkut orang Yahudi dari berbagai negara (Nenek Moyangnya Adalah Para pelarian Israel Zaman dulu) ke Palestina. Mereka datang sebagai pengungsi. Mulanya orang-orang Palestina menerima mereka dengan antusias, karena masih saudara. 

Perang dunia 2 Meletus, orang orang Israel yang tergabung dalam Gerakan Zionis membantu Inggris dalam perang, mereka membantu dana dan nyawa. Bantuan itu tidak geratis mereka meminta imbalan tanah Palestina apabila perang dunia 2 dimenangkan. Hasilnya perang dunia 2 dimenangkan Inggris dkk. 

Tanah Palestina oleh Inggris akhirnya dipecah dua, sebagiannya diberikan kepada para pengungsi Israel, negaranya disebut Israel, Presiden Perdana Mentri, para Mentri dll merupakan orang-orang Pengungsi. Sementara sebagiannya lagi diberikan pada Pribumi Palestina Negaranya dinamai Palestina. 

Dalam hal ini, guna mendirikan Negara Israel orang-orang pribumi diusir dari wilayah yang diduduki Pengungsi dan disuruh pindah ke wilayah yang sudah dikotak -kotak Inggris. Inilah yang menjadi sebab meletusnya perlawanan Rakyat Palestina pada pendirian negara Israel hingga sekarang.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat Negara Israel Modern 1948"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel