Prosedur Terapi Akupereuser

Sebagaimana yang telah dijaskan sebelumnya, bahwa terapi Akupereuser adalah pemijatan pada titik-titik tertentu tubuh manusia, terapi ini mirip dengan akupuntur, hanya saja dalam terapi Akupereuser tidak menggunakan jarum, penusukan dilakukan dengan menggunakan tangan kosong dengan pelan-pelan dan lembut. 

Melakukan pemijatan dengan teknik akupereuser tentu ada prosedurnya, ada prosedur pemijatan dengan teknik akupereuser adalah sebagai berikut: 

Persiapan Pasien

Adapun persiapan pasien dalam prosedur akupereuser  adalah sebagai berikut:

  1. Memastikan identitas pasien 
  2. Mengkaji kondisi pasien terakhir  
  3. Memberitahu dan jelaskan pada pasien atau keluarga tentang tindakan yang akan dilakukan 
  4.  Menjaga privasi pasien  
  5. Memposisikan pasien senyaman mungkin  
  6. Pasien sebaiknya dalam keadaan berbaring, duduk atau dalam posisi yang nyaman.

Persiapan Alat

Aadapun persiapan alat dalam prosedur akupereuser mencakup, mempersiapkan; 

  1. Alat bantu pemijatan
  2. Sarung tangan (bila perlu)
  3.  Alkohol
  4. Krim lotion atau minyak, dan
  5. Handuk kecil.

Cara Bekerja

Adapun cara bekerja ketika melakukan pemijatan dengan teknik akupereuser dilakukan dengan beberapa tahapan. 

  1. Tahapan orientasi yang mencakup memberikan salam, memanggil pasien dengan nama kesukaannya. Memperkenalkan nama dan tanggung jawab perawat. Menjelaskan tujuan, prosedur, dan lama tindakannya pada pasien dan keluarga serta memberikan kesempatan untuk pasien untuk bertanya sebelum terapi dilakukan. 
  2. Tahapan kerja yan meliputi Menjaga privasi pasien dengan menutup tirai. Atur posisi pasien dengan posisi terlentang (supinasi), duduk, duduk dengan tangan bertumpu dimeja, berbaring miring atau tengkurap, dan berikan alas. Bantu melepaskan pakaian pasien atau aksesoris yang dapat menghambat tindakan akupresur. Cuci tangan dan gunakan sarung tangan bila perlu. Bersihkan kaki atau tangan pasien menggunakan alkohol, lalu keringkan dengan handuk. Oleskan krim atau minyak, lakukan teknik pemanasan. Cari titik-titik rangsangan akupresur untuk nyeri gastritis yang ada ditubuh, menekannya hingga masuk ke sistem saraf. Akupresur hanya memakai gerakan dan tekanan jari. Penekanan dilakukan sekitar 3-5 detik pada tiap titik meridian atau sampai rasa sakitnya mulai berkurang. Setelah semua selesai, bersihkan pasien dari sisa-sisa krim atau minyak menggunakan alkohol dan keringkan dengan handuk. Pemijat membersihkan atau mencuci tangan

Terminasi

Terminasi ketika melakukan pemijatan dengan teknik akurpeusur adalah (1) Menjelaskan pada pasien bahwa terapi sudah selesai dilakukan. (2) Mengkaji respon pasien setelah dilakukan terapi, (3) Merapikan pakaian pasien dan kembalikan ke posisi yang nyaman, dan (4) Rapikan alat-alat.

Hasil

Hasil teknik akurpeusur mencakup (1) evaluasi hasil kegiatan dan respon pasien setelah dilakukan tindakan (2) lakukan kontrak untuk terapi selanjutnya (3) akhiri kegiatan dengan cara yang baik (4) cuci tangan.

Dokumentasi

Dokumentasi dalam prosedur akurpeusur mencakup (1) melakukan pencatatan tindakan yang telah dilakukan, tanggal dan jam pelaksanaan (2) melakukan pencatatan hasil tindakan (respon subjektif dan objektif), dan (3) pendokumentasian tindakan dalam bentuk SOAP.

Baca Juga : Pengertian Akupereuser Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Belum ada Komentar untuk " Prosedur Terapi Akupereuser"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel