Pengertian Gaya Hidup Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian gaya hidup yang dinyatakan oleh para ahli. Menurut Sutisna dalam Heru Sprihhadi (2017) gaya hidup secara luas didefinisikan sebagai cara hidup yang diidentifikasi oleh bagaimana orang lain menghabiskan waktu mereka (aktivitas) dilihat dari pekerjaan, hobi, belanja, olahraga, dan kegiatan sosial serta interest (minat) terdiri dari makanan, mode, keluarga, rekreasi, dan juga opinion (pendapat) terdiri dari mengenai diri mereka sendiri, masalah-masalah sosial, bisnis, dan produk. Gaya hidup mencakup sesuatu yang lebih dari sekedar kelas sosial ataupun kepribadian seseorang.

Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2016:187) Gaya Hidup adalahpola hidup seseorang sebagaimana diungkapkan dalam kegiatan, minat, danpendapat Ini menggambarkan orang seutuhnya berinteraksi dengan lingkungannya.

Menurut Setiadi (2010:148) Gaya Hidup didefinisikan sebagai, cara hidupyang didefinisikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka, apa yangmereka pikirkan tentang diri mereka sendiri dan juga dunia sekitarnya.

Menurut Sutisna (2010:145) Gaya Hidup dapat diidentifikasikan bagaimanapola kehidupan seseorang dalam menghabiskan waktunya (aktivitas), minat(ketertarikan) dan perilakunya pada kegiatan sehari-hari (pendapat).

Gaya hidup pada dasarnya merupakan suatu perilaku yang mencerminkan masalah apa yang sebenarnya ada di dalam alam pikir pelanggan yang cenderung berbaur dengan berbagai hal yang terkait dengan masalah emosi dan psikologis konsumen.

 Menurut Ujang Sumarwan (2011:57) Gaya Hidup sering digambarkandengan kegiatan, minat dan opini dari seseorang (activities, interests, and opinions).Gaya hidup seseorang biasanya tidak permanen dan cepat berubah. Seseorangmungkin dengan cepat mengganti model dan merek pakaiannya karenamenyesuaikan dengan perubahan hidupnya.

Gaya hidup dapat dikatakan sebagai suatu pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktifitas, minat, dan opininya. Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” yang berinteraksi dengan lingkungannya Kaparang, (2013 : 2)

Gaya hidup hanyalah salah satu cara untuk mengelompokkankonsumen secara psikografis. Gaya hidup (Life style) pada prinsipnya adalahbagaimana seseorang menghabiskan waktu dan uangnya. 

Ada orang yangsenang mencari hiburan bersama kawan-kawannya, ada yang senangmenyendiri, ada yang bepergian bersama keluarga, berbelanja, melakukanaktivitas yang dinamis, dan ada pula yang memiliki waktu luang danuang berlebih untuk kegiatan sosial-keagamaan. 

Gaya hidup dapat mempengaruhi perilaku seseorang dan akhirnya menentukan pilihan-pilihankonsumsi seseorang. Selain itu, gaya hidupdidefinisikan sebagai pola di mana orang hidup dan menggunakan uang danwaktunya. Gaya hidup mencerminkan pola konsumsi yang menggambarkanpilihan seseorang bagaimana ia menggunakan waktu dan uangnya.

Dari beberapa pendapat di atas maka, gaya hiduplebih menggambarkan perilaku seseorang, yaitu bagaimana ia hidupmenggunakan uangnya dan memanfaatkan waktu yang dimilikinya. Gayahidup berbeda dengan kepribadian. 

Kepribadian lebih menggambarkankarakteristik terdalam yang ada pada diri manusia. Sering disebut jugasebagai cara seseorang berfikir, merasa dan berpersepsi. Walaupun keduakonsep tersebut berbeda, namun gaya hidup dan kepribadian salingberhubungan. Kepribadian merefleksi karakteristik internal dari konsumen,gaya hidup menggambarkan manifestasi eksternal dari karakteristik tersebut,yaitu perilaku seseorang.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Gaya Hidup Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel