Pengertian Terapi Akupereuser Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Istilah Akupereuser sering kita jumpai dalam klinik-klinik kesehatan, istilah tersebut juga dinyatakan sebagai salah satu layanan kesehatan dalam klinik-klinik kesehatan tertentu. Lalu apa sih sebtulnya pengertian Akupereuser itu?

Pada prinsipnya pengertian akupresur adalah terapi totok atau tusuk jari yang merupakan bentuk fisoterapi dengan memberikan pemijatan dan stimulasi pada titik- titik tertentu pada tubuh. Dengan demikian pada dasarnya Akupereuser adalah “pijat’. Hanya saja ada perbedaan antara Akupereuser dan pijat biasa.

Akupereuser dalam pelaksanaannya melakukan pemijatan pada bagian-bagian atau tititk-titik saraf tertentu saja sesuai dengan keluhan yang diderita oleh pasien. 

Misal, jika pasien mengeluhka gejala nyeri punggung, maka yang dipijat atau yang ditotok adalah pada bagian saraf yang telah diidentifikasi sebagai penyebab munculnya nyeri pinggang. 

Hal semacam itu sesuai dengan pernyataan Setyowati (2018), yang menyatakan jika  akupresur adalah terapi totok atau tusuk jari yang merupakan bentuk fisoterapi dengan memberikan pemijatan dan stimulasi pada titik- titik tertentu atau akupoint pada tubuh. Akupresur juga diartikan sebagai menekan titik-titik penyembuuhan menggunkan jari secara bertahap yang merangsang kemampuan tubuh untuk penyembuhan diri secara alami. 

Sejalan dengan itu, menurut Hasanudin (2015) bahwa terapi akupresur merupakan pengembangan dari ilmu akupuntur, sehingga pada prinsipnya metode terapinya akupresur sama dengan akupuntur, yang membedakanya terapi akupresur tidak menggunakan jarum dalam proses pengobatannya. 

Ada beberapa manfaat Akupereuser bagi pasien yang melakukan terapi akupresur , diantaranya adalah mengurangi atau pun mengobati berbagai jenis penyakit dan nyeri serta mengurangi ketegangan dan kelelahan. 

Proses pengobatan dengan teknik akupresur menitik beratkan pada titik-titik saraf tubuh. Di kedua telapak tangan dan kaki kita terdapat titik  akupresur untuk jantung, paru-paru, ginjal, mata, hati, kelenjar tiroid, pankreas, sinus, dan otak.

Berdasarkan urian yang telah dipaparkan dapatlah dipahami jika yang dimaksud dengan akupresur adalah terapi dengan melakukan pemijatan atupun penusukan bagian-bagian tubuh tertentu dengan menggunakan jari. Pemijatan dilakukan pada titik-titik akupresur yang telah diidentifikasi oleh ahli akupresur. 

Belum ada Komentar untuk " Pengertian Terapi Akupereuser Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel