Niat Puasa, Rukun, Syarat Wajib dan Manfaat Puasa Ramadhan

Puasa ramadhan 2022 sebentar lagi, namun sudahkan anda tahu niat puasa Ramadan dan syarat wajib serta manfaat dari puasa Ramadan, jika anda belum mengetahui atau lupa demikian ini niat puasa Ramadhan, syarat wajib puasa Ramadhan serta manfaatnya. 

Niat Puasa Ramadhan

Niat puasa Ramadhan sangat mudah sekali, niat ini biasanya dilafalkan dengan menggunakan Bahasa Arab, akan tetapi apabila anda tidak dapat melafalkannya, anda juga bisa menggunakan bahasa Indonesia.Demikian ini lafal niat puasa Ramadhan dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia.


Niat puasa Ramadahan tersebut harus anda lafalkan, bisa dengan lirih dan keras sebelum puasa dimulai (Ketika Sahur/Sebelum Imsak). Artinya anda bisa melafalkan niat puasa tersebut ketika anda shalat Trawih, Shalat Magrib atau Isya, pokoknya sebelum puasa dimulai. 

Rukun Puasa Ramadhan

Rukun puasa Ramadhan secara umum ada 2 macam. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:
  1. Berniat, yakni bermaksud untuk melaksanakan puasa karena Allah SWT. Niat, jua bermaksud keinginan dalam hati untuk berpuasa karena ingin menjalankan perintah Allah SWT dan mendekatkan kepada-Nya. Maka tidak berlaku puasa hanya dengan perbuatan saja, tetapi harus dengan berniat
  2. Menahan diri dari segala suatu yang membatalkan puasa, sejak terbit hingga terbenamnya matahari.

Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Pada dasarnya Puasa Ramadhan hanya diwajibkan kepada orang-orang yang telah memenuhi beberapa persyaratan. Demikian juga puasa yang di lakukan oleh kaum muslimin dan muslimat pada bulan Ramadhan. Adapun syarat sah atau syarat wajib puasa sebagai berikut:
  1. Islam
  2. Baligh, puasa tidak diwajibkan atas anak yang belum mencapai masa balighnya. Balig ditandai dengan mensturasi bagi perempuan dan keluarnya air mani bagi laki-laki untuk pertamakalinya. 
  3. Beriman
  4. Berakal (Tidak dalam keadaan gila)
  5. Tidak dalam keadaan pingsan atau sadar
  6. Tidak dalam keadaan haid dan nifas bagi perempuan
  7. Meninggalkan hal-hal yang membatalkan puasa.

Manfaat Puasa Ramadhan

Mengenai manfaat puasa Ramadhan dikemukakan oleh banyak ulama, diantara beberapa manfaat puasa Ramadhan adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT
  2. Melatih diri untuk meninggalkan maksiat dan dosa
  3. Mengingat penderitaan orang miskin
  4. Mendidik umat Islam supaya menjadi manusia yang bertakwa.
  5. Menggerakkan umat Islam untuk mengerjakan hal-hal positif
  6. Melindungi umat Islam dari perbuatan dan ucapan buruk dan tercela
  7. Membiasakan diri untuk bersabar dan menanggung beban derita, sehingga tidak menjadi orang yang selalu bersenang-senang.karena adakalanya seseorang akan menghadapi kondisi dalam suatu hari, dia merasakan lapar dan haus. Sehingga ibadah puasa itu dapat melatih dirinya untuk bersabar dan menanggung beban derita ketika kehilangan sesuatu yang dia sukai. Itu merupakan pendidikan bagi jiwa
  8. Menyembuhkan berbagai macam penyakit fisik (jasmani)
Demikianlah penjelasan mengenai Niat Puasa,  Rukun, Syarat Wajib dan Manfaat Puasa Ramadhan yang dikemukakan oleh para Ulama. 

Belum ada Komentar untuk "Niat Puasa, Rukun, Syarat Wajib dan Manfaat Puasa Ramadhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel