Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Landasan Teori dalam Pembuatan Skripsi, Tesis dan Disertasi

Landasan Teori sangat penting dalam sebuah penelitian terutama dalam penulisan skripsi, tesis dan disertasi. Dalam penyusunan sebeuah penelitian, peneliti tidak bisa mengembangkan masalah yang mungkin di temui di tempat  penelitian jika tidak memiliki acuan landasan teori yang mendukungnya.

Baik dalam Skripsi, Tesis dan Disertasi landasan teori layaknya fondasi pada sebuah bangunan yang terlihat kokoh  bila fondasinya kuat, begitu pula dengan penulisan skripsi, tesis dan disertasi, tanpa landasan teori penelitian dan metode yang digunakan tidak akan berjalan lancar.

Selain itu, peneliti juga tidak bisa membuat  pengukuran atau tidak memiliki standar alat ukur jika tidak ada landasan teori. Seperti yang diungkapkan oleh Sugiyono (2012:52), bahwa landasan teori perlu ditegakkan agar  penelitian itu mempunyai dasar yang kokoh, dan bukan sekedar perbuatan coba-coba (trial and error) atau mengarang bebas.

Cara Membuat Landasan Teori

Cara membuat landasan teori patokannya adalah judul, jika judulnya “Pengaruh harga terhadap minat beli” maka tentu landasan teori yang dibutuhkan adalah mengenai teori “harga” dan teori “minat”.

Landasan teori pada penyusunan skripsi, tesis maupun disertasi diletakan pada bab 2 penelitian, dan yang perlu dipahami bahwa landasan teori secara umum dibagi menjadi dua jenis, yaitu landasan teori berupa “Kajian Terdahulu/Penelitian yang Relevan” dan landasan teori berupa teori-teori yang dikemukakan oleh para ahli. 

Landasan teori berupa kajian terdahulu adalah landasan teori berbentuk hasil penelitian terdahulu yang sudah dibuat oleh peneliti sebelumnya, dalam kasus ini, yang dimaksud dengan landasan teori jenis ini adalah “Jurnal penelitian” yang membahas mengenai “harga dan minat”.

Sementara itu, yang dimaksud dengan landasan teroi berupa teori-teori yang dikemukakan oara ahli dalam kasus ini adalah teori-teori seputar “harga dan minat”. Dalam penyusunannya landsan teori tentang harga dan minat harus disusun secara rinci, jelas dan terstruktur. 

Contoh membuat landasan teori tentang harga mislanya, maka pertama-tama penyusun harus terlebih dahulu menguraikan “Pengertian Harga” dan hal-hal lain yang berkenaan dengan teori harga seperti, “Macam atau Harga”, “Indikator Harga”, “Penentuan Harga” dan lain sebagainya, begitupun ketika menyusun teori tentang “minat” harus disusun berdasarkan penulisan yang terstruktur, jelas dan rinci. 

Posting Komentar untuk " Landasan Teori dalam Pembuatan Skripsi, Tesis dan Disertasi"