Pengertian Pembelajaran Daring

Istilah pembelajaran daring populer seiring tidak dibolehkannya kegiatan tatap muka dalam kegiatan sekolah semenjak mewabahnya Covid-19. Sekolah kemudian diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan sistem pembelajaran daring. 

Sebetulnya apa pengertian pembelajaran daring menurut para ahli 😍?. Ada beberapa pengertian pembelajaran daring yang dikemukakan oleh para ahli.

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesbilitas, konektivitas, fleksibilitas dan kemampuan memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran (Sadikin & Hamidah, 2020). 

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang terhubung dengan jaringan komputer, internet dan sebagainya yang dilakukan dengan tidak bertatap muka langsung melainkan mengunakan platform yang dapat membantu proses belajar mengajar yang dilakukan dengan jarak jauh (Handarini dan Wulandari, 2020). 

Pembelajaran daring pada dasarnya dilakukan secara virtual melalui aplikasi virtual yang tersedia (Syarifundin, 2020) seperti whatsapp, zoom, google meet dan lain sebagainya. 

Pembelajaran daring harus tetap memperhatikan kompetensi serta tujuan yang ingin dicapai. Guru harus menyadari bahwa pembelajaran memiliki sifat yang sangat kompleks karena melibatkan aspek pedagogis, psikologis, dan didaktis secara bersamaan (Mulyasa, 2013: 100)

Oleh karena itu, pembelajaran daring bukan hanya sekedar memindahkan proses pembelajaran melalui jaringan internet atau hanya sekedar mengirimkan soal-soal atau tugas melalui media sosial media, melainakn pembelajaran daring dilakukan sama halnya dengan proses pembelajaran tatap muka. 

Pembelajaran daring harus direncakan, dilaksanakan serta dievaluasi sama halnya dengan pembelajaran tatap muka yang berlangsung di kelas. 

Pembelajaran daring tidak terlepas dari penguasaan kompetensi pedagogik yang dimiliki guru. 

Penguasaan pedagogik menjadi mendasar meliputi kemampuan : (a) pemahaman wawasan atau landasan pendidikan, (b) pemahaman terhadap peserta didik, (c) pengembangan kurikulum/silabus, (d) perancangan pembelajaran, dan (e) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis (Susanto, 2020). 

Berdasarkan pembahasan diatas, pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan perangkat komputer serta terkoneksi dengan menggunakan akses jaringan internet. 

Pelaksanaan pembelajaran daring seharusnya dilakukan seperti pembelajaran tatap muka, mulai dari perencanaan, pelaksaanaan serta evaluasi pembelajaran. 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pembelajaran Daring "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel