Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori Desain Materi Buku Ajar Bahasa Arab

Desain sering disebut juga dengan rancangan. Kata desain yang dimaksud dalam penelitian ini adalah presentasi atau penyajian materi yang telah dijelaskan pada bab karakteristik buku ajar bahasa arab. 

Sedangkan materi pada dasarnya merupakan segala sesuatu yang menjadi isi kurikulum yang harus dikuasai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar dalam rangka pencapaian standar kompetensi setiap mata pelajaran dalam satuan pendidikan tertentu. 

Dalam proses pembelajaran, bahkan dalam pembelajaran yang berpusat pada materi pelajaran (subject-centered teaching), materi merupakan inti dari kegiatan pembelajaran. Materi pelajaran merupakan bagian terpenting.

Materi pelajaran dapat juga diartikan berbagai pengalaman yang akan diberikan kepada siswa selama mengikuti proses pendidikan atau proses pembelajaran. Materi atau cara penyajiannnya adalah salah satu unsur penting dari berbagai elemen desain mata pelajaran. 

Seperti berpengaruh kepada pengembangan strategi belajar dari guru, ketika materi pembelajaran di desain dengan baik dan menarik maka gurupun akan tergerak untuk mengembangkan cara penyampaian materi pembelajaran. 

Sedangkan desain pembelajaran adalah proses yang sistematis untuk memecahkan persoalan pembelajaran melalui proses perencanaan bahan-bahan pembelajaran beserta aktifitas yang harus dilakukan oleh pengajar, perencanaan sumber-sumber belajar yang utamanya berasal dari buku ajar yang di pegang oleh pengajar. 

Desain materi pembelajaran dalam Bahasa Arab tentunya memiliki karakteristik tersendiri dimana dia disajikan dengan pola penalaran tertentu, sebagaimana pola penalaran ilmiah (induktif, deduktif, atau campuran). 

Sedangkan dari segi format, buku teks mengikuti konvensi buku ilmiah, baik dari segi pola penulisan, pola pengutipan, pola pembagian, maupun pola pembahasannya. Dalam buku teks bahasa arab format penulisan harus mencakup empat aspek kebahasaan. 

Yaitu khiwar, qira’ah, kitabah, dan istima’. Dalam desain materi untuk khiwar dan qira’ah kesesuaian isi materi dalam buku ajar bahasa Arab biasanya di barengi dengan teks-teks cerita dan percakapan. Untung mendukung isi materi dalam buku ajar bahasa arab sering kali ditambahi dengan gambar-gambar yang mencakup tentang isi teks cerita atau kosa kata pelajaran.  

Posting Komentar untuk " Teori Desain Materi Buku Ajar Bahasa Arab"