Contoh Inovasi Produk atau Jasa

Peroduk atau jasa sebagai benda yang berkembang tentu bisa dinovasikan kedalam bentuk-bentuk yang baru. Oleh karena itu inovasi produk atau jasa merupakan sesuatu hal yang lumrah.

Ada banyak contoh Inovasi Produk atau Jasa di dunia ini, namun untuk menguraikan salah satu contoh Inovasi Produk atau Jasa diperlukan pemahaman yang baik mengenai pengertian dari inovasi produk itu sendiri.

Dengan memahami pengertian inovasi produk, nantinya akan dapat memahami contoh-contoh jasa maupun produk yang dihasilkan dari sebuah inovasi. 

Inovasi produk menurut Wawan Dhewanto (2015)  adalah bukan hanya merupakan sebuah pengembangan produk, namun inovasi produk juga dapat berupa pengenalan produk baru, mengonsep ulang dalam rangka meningkatkan barang dan jasa yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. 

Berdasarkan definisi di atas, dapatlah dipahami bahwa inovasi produk bukan hanya merupakan bentuk dari penciptaan produk baru yang dihasilkan perusahan, namun dapat diartikan pula sebagai peningkatan mutu (baik dari segi bahan baku, bentuk fisik atau pun kemampuan) barang yang sebelumnya sudah pernah dipasarkan.  

Peneliti dari Amerika Serikat, Joe Briones (2014) menyimpulkan bahwa “Inovasi pada produk bukan hanya sekedar menemukan hal produk yang baru, namun hal baru tersebut harus berpotongan dengan added value atau nilai tambah dalam barang”.

Menurut Briones (2014), value merupakan ukuran yang terdiri dari dua aspek. Aspek yang pertama adalah keinginan atau desirability dan aspek yang kegunaan atau functionality. Desirability merupakan sebuah faktor yang berkenaan denagn faktor empsional, yang berasal dari dalam diri manusia. Sedangkan functionality adalah faktor yang berhubungan dengan fungsi atau manfaat yang dihasilkan oleh produk yang baru tercipta tersebut.

Memahami penjelasan di atas, dapatlah kemudian dipahami bahwa inovasi pada dasarnya adalah produk yang mempunyai nilai tambah. 

Salah satu inovasi produk berupa barang contohnya adalah bakso lobster, merupakan inovasi dari bakso, meskipun bentuknya sama-sama bakso, namun bakso tersebut mempunyai nilai tambah, yaitu adanya lobster dalam kandungannya, berbeda dengan bakso sebelumnya yang hanya terbuat dari daging sapi, ayam dan lain sebagainya. 

Salah satu inovasi produk berupa jasa contohnya adalah “Jasa penyewaan kolam renang coklat” jasa ini merupakan hasil inovasi dari jasa penyewaan kolam renang air yang sudah ada sebelumnya. Kolam renang coklat ditujukan untuk para pecita coklat bermain-main dalam kolam coklat yang telah diramu khusus sehingga aman untuk mandi, terutamanya mandi kesehatan”.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Inovasi Produk atau Jasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel