Langkah-langkah Menganalisis Teks Ulasan

Menganalisis teks tidaklah semudah yang dibayangkan, tetapi membutuhkan kecermatan dan keterampilan, oleh karena itu perlu ditetapkan langkah-langkah menganalisis teks khususnya teks ulasan.

Menurut Siswantoro (2014: 11) menganalisis teks tebagi menjadi tiga langkah adalah sebagai berikut.

Membaca teks ulasan

Sebelum menganalisis hal utama yang dilakukan adalah membaca keseluruhan teks tersebut. Ini bertujuan untuk mencari dan memahami informasi yang terkandung dalam teks ulasan.

Mengidentifikasi unsur-unsur yang ada dalam teks ulasan 

Langkah yang kedua adalah mengidentifikasi unsur yang ada di dalam teks ulasan yang berkaitan dengan ketepatan penggunaan diksi pada teks ulasan.

Memberikan tafsiran

Langkah selanjutnya adalah menganalisis dengan memberikan tafsiran setiap bagian yang ada pada teks yaitu dari menentukan struktur dan kaidah kebahasaan yang terdapat pada teks ulasan yang telah ditetapkan.

Langkah tersebut dimulai dari penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya, kemudian penelaahan bagian-bagian itu, akhirnya mengembangkan bagian-bagian tersebut untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman secara keseluruhan.

Menurut Rosidi (2009: 70-72) langkah-langkah analisis teks ulasan adalah sebagai berikut.
  1. Lakukan penjajakan terhadap teks buku yang akan analisis dengan membaca judul, memperhatikan halaman identitas buku yang meliputi penerbit, tahun terbit, serta baca isi buku secara sekilas dengan memperhatikan daftar isi.
  2. Kenali latar belakang penulisan buku yang akan di analisis dengan membaca pengantar yang ada di dalamnya, baik pengantar dari penulis buku, penerbit, maupun dari seorang pakar apabila ada.
  3. Bacalah seluruh isi buku sampai tuntas, komprehensif, dan cermat mulai dari kata pengantar sampai pada bab akhir. Buatlah catatan-catatan kecil ketika akan memulai proses analisis.
  4. Memberi tanda tertentu dengan stabilo pada bagian penting dalam kegiatan analisis tersebut.
  5. Buatlah sinopsis atau ikhtisar isi buku berdasarkan catatan dan tanda khusus yang telah dibuat. Usahakam sinopsis atau ikhtisar yang dibuat benar-benar mewakili isi buku.
  6. Lakukan penilaian terhadap buku yang diresensi dengan menunjukkan keunggulan dan kelemahannya, baik dari segi bahasa, pembatasan bab, kerangka penulisan, sistematika, bobot ide, maupun aspek teknis lainnya. 
  7. Buatlah outline atau kerangka resensi sebelum menulis hasil analisis teks secara utuh sehingga memiliki arahan dalam menyelesaikan tulisan tersebut.
Dari penjelasan tersebut diketahui bahwa kegiatan menganalisis perlu menguraikan buku, sampai pada tahap mendapatkan inti buku tersebut. Penilaian terhadap buku disajikan untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan buku tersebut.

Penulis dapat menyimpulkan bahwa pada dasarnya dalam menganalisis membutuhkan kecermatan, pembaca dituntut membaca dengan penuh pemahaman agar tujuan membaca untuk menganalisis tercapai.

Berdasarkan penjelasan di atas penulis memilih langkah-langkah menganalisis teks menurut Siswantoro. Hal tersebut dikarenakan langkah yang dipaparkan tersebut lebih efektif. 

Belum ada Komentar untuk "Langkah-langkah Menganalisis Teks Ulasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel