Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Menyusun Teks Ulasan

Menyusun dan Menyajikan teks ulasan dalam bentuk tulisan tentu dibutuhkan langkah-langkah yang benar, sehingga hasil teks ulasan tersebut bermutu baik atau setidak-tidaknya tepat sasaran.

Menurut Isnatun & Farida (2013: 67) langkah-langkah menyusun teks ulasan adalah sebagai berikut.
Memilih topik yang hendak diulas.

  1. Menuliskan paragraf pendahuluan yang menyatakan topik yang  diulas/pokok persoalan.
  2. Menuliskan rangkaian paragraf yang menyatakan persetujuan/penolakan/keberpihakan penulis.
  3. Menuliskan simpulan yang menegaskan kembali keberpihakan penulis.
Berdasarkan pendapat di atas dapatlah penulis pahami, bahwa dalam menulis teks ulasan buku perlu diperhatikan adalah pemahaman penulis terhadap sesuatu topik buku yang hendak di resensi. Apakah yang diresensi hanya topik tertentu saja atau keseluruhan topik yang ada dalam buku tersebut.

Setelah penulis memahami topik dan telah menentukan topik mana yang hendak di ulas, maka selanjutnya penulis menuliskan teks ulasan dengan ketentuan menulis paragraf pendahuluan, menulis rangkaian paragraf lanjutan, dan yang terakhir menuliskan analisis dan kesimpulan penulis tentang buku tersebut. Dalam kata lain penulis mengungkapan keberpihakannya atau ketidakberpihakanya terhadap penulis buku tersebut.

Sementara itu, Dalman (2014: 238) memberikan langkah-langkah menulis teks ulasan sebagai berikut.
  1. Penjajakan atau pengenalan yang akan diresensi.
  2. Membaca buku atau teks yang akan diresensi secara cermat dan teliti.
  3. Menandai bagaian-bagian buku atau teks yang diperhatikan secara khusus dan menentukan bagian-bagian yang dikutip untuk dijadikan data.
  4. Membuat sinopsis atau intisari dari buku yang diresensi.
  5. Menentukan sikap dan menilai hal-hal yang berkenaan dengan organisasi penulisan, aspek bahasanya, dan aspek teknisnya.
Tidak berbeda dengan pendapat sebelumnya bahwa dalam langkah-langkah penulisan teks ulasan yang disampaikan oleh Dalman juga pada hakikatnya adalah menekankan pada pemahaman terhadap buku yang hendak di ulas, baru kemudaian menulis resensi atau ulasan berdasarkan unsur-unsur teks ulasan yang telah disepakati.

Dengan demikian dapatlah disimpulkan dari pendapat ahli mengenai langkah-langkah menulis teks ulasan sebagaimana bahwa pada saat menulis ulasan, penulis perlu menguasai dan mengetahui isi dan identitas buku yang akan diresensi. Buku tersebut hendaknya dibaca berulang-ulang dan diberi tanda apabila ditemukan hal-hal khusus, misalnya keungulannya, kelemahannya, isi pokoknya, maupun tentang penggunaan bahasanya. Karena sesungguhnya pemahaman terhadap isi buku dapat membantu kelancaran seseorang peresensi dalam menyelesaikan tulisannya.

Berdasarkan penjelasan di atas penulis memilih langkah-langkah menyajikan teks ulasan menurut Isnatun dan Farida. Hal tersebut dikarenakan langkah yang dipaparkan tersebut lebih efektif. 

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Menyusun Teks Ulasan"