Macam Macam Amil Lafdzi Dan Maknawi

Amil dalam bahasa Arab bermaksud segala sesuatu yang adapat mengubah harakat akhir dari kalimat bahasa Arab. Ditinjau dari pmbagiannya Amil dibagi menjadi dua macam yaitu amil lafdzi dan maknawi. Adapun penjelasan mengenai keduanya adalah sebagai berikut:

Amil Lafdzi

Amil Lafdzi adalah amil-amil yang dapat dibaca, ditulis dan dilihat bentuknya seperti kata : من ، إلى، عن على. Jumlah amil lafdiz terdiri dari 98 amil. Amil Lafdzi dibagi menjadi dua bagian yaitu Lafdzi Simaiyah dan Lafdizi Qiyasiah. Adapun bentuk dan contoh-contohnya adalah sebagai berikut:

Amil Maknawi

Amil Maknawi adalah kebalikan daripada Amil Lafdzi, sebab amil jenis ini tidak dapat dibaca, ditulis dan dilihat bentuknya. Seperti contoh Rafa’nya Mubtada dan Khobar sebabnya karena Amil Maknawi, keduanya berharakat Rafa kaena kemasukan Amil yang tidak dapat dilihat, dibaca dan ditulis.Amil Maknawi terdiri dari dua 2 amil.  Selanjutnya Amil Maknawi dibagi dua yaitu Amil Maknawi Ibdtida dan Amil Maknawi Ibtida yang menempati tempatnya Isim. Adapun bentuk dan contoh-contohnya adalah sebagai berikut:
Baca Juga : A'wamil (العوامل) Dalam Bahasa Arab

1 Komentar untuk "Macam Macam Amil Lafdzi Dan Maknawi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel