Cara Merawat Kulit Wajah Dengan Bahan Alami

- September 28, 2019
Kulit wajah yang normal tentu membuat pemiliknya merasa senang, sebaliknya kulit wajah yang tidak normal seperti berminyak, kering dan sensitif membuat pemiliknya gelisah, oleh karena itu untuk menjaga kulit tetap sehat dan normal diperlukan usaha merawat kulit dengan baik dan benar.

Cara merawat kulit wajah tentunya beragam, tapi secara umum caranya terbagi dua, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan kimia seperti kosmetik, pelembab dan menggunakan cara alami. Cara merawat kulit wajah dengan bahan alami adalah cara yang paling baik sebab tidak ada efek sampingnya.

Ada hal-hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami, yaitu;
  1. Sebelum menyentuh daerah wajah, sebaiknya cucilah tangan terlebih dahulu dengan air bersih agar terbebas dari kuman dan bakteri.
  2. Rajinlah mencuci muka setiap kali wajah terasa kering atau saat pulang dari bepergian.
  3. Sebaiknya luangkanlah waktu sekitar 2-3 menit setiap malam, untuk memijat kulit wajah setiap sebelum tidur. Hal tersebut dilakukan agar tetap sehat dan cerah.
  4. Perbanyaklah mengkonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas perhari agar agar kulit wajah tetap terlihat cerah dan segar.
  5. Minumlah Vitamin E setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.
  6. Olahraga secara teratur, agar kulit tetap kencang dan tubuh pun akan terbebas dari berbagai penyakit.

Bahan-Bahan Alami Untuk Merawat Kulit Wajah

Merawat Wajah Dengan Jeruk Nipis 

Merawat Wajah Dengan Jeruk Nipis
Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C dan zat anti oksidan yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Caranya juga sangat mudah hanya dengan membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian, setelah itu peras dan ambil airnya, lalu oleskan pada kulit wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10-20 menit, kemudian cucilah wajah dengan air hangat, dan lanjutkan membasuh wajah dengan air dingin.

Merawat Wajah Dengan Apel 

Merawat Wajah Dengan Apel
Buah apel mempunyai manfaat untuk mengurangi kelebihan minyak pada wajah, sehingga dapat digunakan dalam merawat muka. Caranya adalah hancurkan buah apel dengan menggunakan blender, sebaiknya jangan menambahkanair sedikitpun pada saat apel di blender. Setelah itu oleskan pada wajah selama 30 menit, lalu bilaslah dengan air bersih.

Merawat Wajah Dengan Tomat 

Merawat Wajah Dengan Tomat
Tomat kaya akan zat anti oksidan yang dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit akibat sinar matahari, mengurangi komedo, dan mencerahkan warna kulit wajah. Caranya haluskan 1 buah tomat, lalu campurkan dengan 1 sendok madu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian basuhlah wajah dengan air hangat.

Merawat Wajah Dengan Pisang 

Merawat Wajah Dengan Pisang
Buah pisang dapat bermanfaat untuk meremajakan kulit dan membuat kulit wajah menjadi lembab dan kenyal. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengambil 1 buah pisang ambon, kupas kulitnya dan hancurkan buahnya. Setelah itu tambahkan 1 sendok madu kedalam pisang yang telah dihancurkan tad, dan oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Lalu bersihkan dengan kapas dan air hangat.

Merawat Wajah Dengan Mentimun 

Mentimun mempunyai manfaat untuk mengangkat noda-noda hitam pada wajah dan dapat membuat wajah terlihat bercahaya. Caranya ambil ½ mentimun, kupas hingga bersih. Lalu tambahkan 1 sendok susu tanpa lemak, 1 sendok yoghurt. Blender semua campuran tadi hingga halus, setelah itu oleskan pada wajah selama 20 menit dan bilaslah dengan air hangat

Merawat Wajah Dengan Daun Seledri 

Merawat Wajah Dengan Sledri
Kandungan vitamin B dan C pada daun seledri dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Cara menghilangkan minyak di kulit dengan daun seledri yaitu dengan merendam daun seledri secukupnya dengan air panas, diamkan rendaman tersebut sampai dingin dan masukan kedalam kulkas. Gunakan rendaman seledri tersebut sebagai pembasuh wajah tepatnya sebelum tidur.

Merawat Wajah Dengan Putih Telur 

Putih telur mempunyai manfaat untuk wajah berminyak ataupun wajah kering dan normal. Putih telur sangat cocok untuk merawat wajah agar tampak lebih bersih dan putih alami serta menghilangkan jerawat. Gunakan putih telur untuk masker secara rutin maka jerawat dan bekasnya bisa hilang dalam jangka waktu yang tidak lama.

Merawat Wajah Dengan Wortel 

Manfaat wortel untuk wajah bisa kita peroleh dengan membuat masker atau scrub yang diaplikasikan pada area kulit wajah. Perawatan alami dan sederhana ini dipercaya bisa membuat kulit kusam menjadi putih cerah merona. Caranya haluskan dengan parut/blender kemudian peras airnya. Oleskan air perasan (sari wortel) tadi ke seluruh bagian kulit wajah. Diamkan 15 menit kemudian bilas dengan air.

Merwat Wajah Dengan Mengkonsumsi Air Putih 

Rutin mengkonsumsi air putih memberikan dampak yang baik bagi tubuh, dapat melembabkan kulit. Mencegah penuaan dini, mengatasi masalah kulit, melembabkan bibir. Dengan mengkonsumsi air putih 8-10 gelas sehari dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit dan tubuh, agar kulit tetap cantic dan sehat terjaga.

Demikianlah cara merawat kulit wajah dengan bahan alami yang baik dan benar, merawat wajah dengan bahan alami memang efeknya lama, baru muncul selepas konsisten melakukannya, oleh karena itu diperlukan kesabaran untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

Baca Juga: Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search