Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

- September 28, 2019
Mengetahui jenis kulit wajah adalah seuatu hal yang penting, sebab dengan mengetahuinya kita dapat melakukan tindakan-tindakan yang tepat dalam merawatnya. Untuk mengetahuinya tentu ada caranya dan di antara caranya adalah memahami kondisi kulit wajah yang kita punya dengan pemaparan para ahli kulit.

Dengan memahami jenis kulit wajah maka mudah bagi kita untuk melakukan tindakan perawatan yang perlu dilakukan. Jenis kulit wajah dibedakan menjadi lima macam, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Kulit Wajah Normal

Kulit Wajah Normal
Jenis kulit wajah normal, adalah dimana kondisi kulit tidak berminyak dan juga tidak pula kering. Sehingga kulit yang kategori jenis normal memang terlihat hampir tidak tampak pori-pori yang melebar serta terlihat kenyal dan bersinar.

Oleh sebab itu, pada jenis kulit normal ini, memang kerap sekali diidamkan oleh kebanyakan orang. Bahkan pada jenis kulit normal juga tidak perlu untuk terlalu melakukan perawatan khusus dalam menjaga kulit itu sendiri. Akan tetapi bila salah dalam melakukan perawatan dari tipe kulit ini atau kurang menjaganya dengan baik, maka bisa saja jenis kulit ini berubah menjadi berminyak dan sensitif. Oleh karena itu, menjaga tipe kulit ini juga sangat dibutuhkan layaknya menjaga dari sinar matahari dan radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit.

Kulit Wajah Berminyak

Kulit Wajah Berminyak
Kulit wajah berminyak, adalah kulit wajah yang memiliki pori-pori-pori yang melebar dan terlihat mengkilap. Sementara pori-pori yang melebar pada tipe kulit berminyak ini, memang cukup rawan akan terjadinya penyumbatan kuman dan berbagai bekas produk kosmetik yang dikenakan.

Oleh karena itu, jenis kulit berminyak memang cukup susah untuk perawatannya dan bila salah langkah dalam merawat tipe kulit ini, maka akan bisa memperburuk keadaan, terutama ketika melakukan perawatan pada kulit wajah. Bahkan jenis kulit berminyak juga rentan terhadap terjadinya jerawat muncul secara secara tidak terduga.

Oleh karena itu, agar bisa tepat dalam merawat jenis kulit ini. Maka setidaknyabisa menghindari akan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Dan setidaknya juga bisa menggunakan bahan perawatan yang tepat untuk kulit jenis ini

Kulit Wajah Kering

Kulit Wajah Kering
Kulit wajah kering adalah dimana kondisi kulit terlihat kurang lembab dan cenderung memiiki warna kulit yang kusam serta terlihat kering. Biasanya bagi orang yang memiliki tipe kulit kering ia merasa kulitnya seperti tertarik, layaknya kulit wajah seperti tertarik ketika sedang tersenyum atau berbicara. Sehingga dari situ kondisi kulit tampak kurang elastis.

Selain itu, pada jenis kulit kering juga bisa menimbulkan rasa gatal, mudah terluka, dan terkena iritasi. Sehingga bila anda memiliki jenis kulit kering, maka cara perawatannya yakni menjaga kondisi kulit agar tetap lembab dan ternutrisi, baik itu menggunakan bahan alami maupun dengan menggunakan produk perawatan lainnya. Sehingga kondisi kulit kering tidak akan sampai memunculkan kerutan dan garis halus, terutama di bagian kulit wajah. Sehingga kondisi kulitpun bisa terawat dengan baik dan sehat.

Memiliki jenis kulit seperti ini diharuskan untuk rajin menggunakan krim pelembab yang cukup untuk menghindari masalahmasalah kulit lainnya.

Kulit Wajah Sensitif

Kulit Wajah Sensitif
Kulit wajah sensitif sering dipengaruhi oleh faktor genetis. Lapisan kulit yang paling sensitive terhadap perubahan lingkungan, perawatan kulit, dan produk kosmetik. Ciri-ciri yang sering terlihat adalah kulit mudah kering dan mudah terjadi iritasi karena sistem perlindungan kulit kurang baik terhadap faktor lingkungan dan polusi.

Jenis kulit sensitif memang harus memiliki perawatan yang tepat dan penuh kehati-hatian. Kondisi pada wajah orang yang memiliki kulit sensitif, memiliki warna kemerah-merahan di area tertentu.

Sementara jenis kulit ini memang mudah sekali terjadi inflamasi dan iritasi, sehingga dalam melakukan perawatan terhadap tipe kulit sensitif ini harus penuh dengan ketelitian dan cermat dalam menanganinya. Bahkan bila perlu, berkonsultasilah kepada dokter kulit dalam melakukan perawatan yang tepat. Dalam menangani jenis kulit ini lebih baik menggunakan bahan alami, yang sekiranya tidak memiliki efek samping terhadap kesehatan kulit pada tubuh.

Kulit Wajah Kombinasi

Kulit Wajah Kombinasi
Kulit wajah kombinasi adalah jenis kulit yang dalam satu wajah terdapat bagian yang kering dan sebagian lainnya juga terdapat berminyak. Misalnya bagian pipi dan sekitar mata baik-baik saja atau terlihat kering, namun di bagian lainnya berminyak.

Untuk melakukan perawatan akan kondisi kulit kombinasi ini memang memerlukan perawatan berbeda untuk setiap bagian kulit yang ada. Sehingga kondisi kesehatan kulit pun bisa tetap terjaga dengan baik dan sehat.

Demikianlah urian jenis-jenis kulit wajah menurut para hali, dengan memahami ke lima jenis kulit wajah di atas maka secara otomatis anda dapat memahami cara mengetahui jenis kulit wajah anda sendiri maupun kulit wajah orang lain.

Baca Juga: Cara Merawat Kulit Wajah Dengan Bahan Alami


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search