Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap

- September 29, 2019
Bau mulut membuat penderitanya hilang percaya diri, merasa minder dan gelisah ketika berkomunikasi dengan orang lain, bau mulut pada dasarnya adalah penyakit yang dalam dunia kedokteran disebut dengan istilah “Halitosis”.  Cara menghilangkan bau mulut beragam disesuaikan dengan pangkal maslah penyebab bau mulutnya, sebab bau mulut bisa datang dari rongga mulut maupun datang dari luar rongga mulut.

Secara umum faktor yang menyebabkan bau mulut terdiri dari dua macam yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal meliputi karang gigi, radang kronis pada saluran pernafasan, gangguan pencernaan dan lain-lain. Sedangkan faktor eksternal antara lain adanya sisa makanan di dalam mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh penyakit “Halitosis” ada tata caranya, diantaranya adalah sebagai berikut:

Menggunakan Chlorine Dioxide

Chlorine Dioxide adalah senyawa kimia yang biasa dan umum digunakan untuk mengobati bau mulut dan menghilangkannya, untuk mendapatkan Chlorine Dioxide kita tidak perlu bingung dan repot-repot sebab sudah dijual secara bebas di toko-toko obat, Chlorine Dioxide biasanya berbentuk cairan untuk kumur-kumur.

Menggunakan Baking Soda

Menggunakan adalah salah satu senyawa kimia yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau mulut, akan tetapi perlu kehati-hatian dalam menggunakannya. Baking Soda biasanya banyak dijual di took-toko kimia, kue dan lain sebagainya.

Menggunakan Peroksida

Peroksida seperti H2O2, misalnya yang banyak digunakan untuk perawatan gigi dan mulut dalam fungsinya akan mengeluarkan oksigen bebas sehingga berubah menjadi bentuk senyawa laian yang tidak berbau.

Menggunakan Obat Kumur

Obat-obatan atau bahan-bahan untuk umur mulut kebanyakan adalah bersifat antiseptik. Oleh sebab itu bahan-bahan tersebut dapat menekan semua pertumbuhan bakteri di dalam mulut, sehingga dapat menghilangkan bau mulut untuk sementara waktu.

Menggunakan Bahan-Bahan Herbal 

Disampung cara-cara yang telah dijelaskan diatas, pada sementara masyarakat dipergunakan pula cara-cara tradisional yang diyakini dapat menghilangkan bau mulut. Cara-cara ini misalnya penggunaan jus tomat, anjuran mengunyah kinang/sirih, makan premen karet/min, pemakaian ragi, dan pemakaian ekstrak teh.

Demikianlah cara-cara menghilangkan bau mulut “Halitosis” baik mernurut kedokteran maupun menurut cara-cara tradisional. Ada baiknya pembaca menggunakan cara-cara tradisional terlebih dahulu, karena dismping murah juga tentunya tidak ada efek sampingnya. 


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search