Inilah Hakikat Pembelajaran Biologi

Belajar merupakan suatu aktivitas atau proses untuk memperoleh sebuah pengetahuan, meningkatkan keterampilan memperbaiki prilaku, sikap serta mengokohkan kepribadian. Belajar juga merupakan suatu proses dimana suatu prilaku muncul atau berubah karena adanya respon terhadap suatu situasi.Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara guru, siswa dan sumber belajar pada suatu lingkungan. Pembelajaran juga dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana guru sengaja menciptakan suasana belajar yang interaktif dan nyaman, yaitu dengan menerapkan rancangan pembelajaran yang baik (Djamarah dan Zein, 2006).

Pembelajaran Biologi sendiri merupakan suatu proses pembelajaran yang mengembangkan keterampilan berpikir analitis, induktif dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Pembelajaran biologi menuntut siswa untuk memiliki sikap aktif, kreatif dan inovatif sehingga berdampak pada hasil dan prestasi belajar siswa. Pembelajaran biologi pada hakikatnya adalah menuntut adanya interaksi yang sesungguhnya antara subjek belajar dan objek belajar.

Proses pembelajaran biologi sebagai suatu sistem, pada prinsipnya merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara komponen-komponen raw input (peserta didik), instrumental input (masukan instrumental), environment (lingkungan), dan output (hasil keluar). Keempat komponen tersebut mewujudkan sistem pembelajaran biologi dengan prosesnya berada dipusatnya. Komponen masukan instrument berupa kurikulum, guru, sumber belajar, media, metode, sarana dan prasarana pembelajaran. Proses pembelajaran dalam teori modern tidak tergantung pada keberadaan guru (pendidik) sebagai pengelola proses pembelajaran (Suhardi, 2010).
Pembelajaran Biologi
Sikap aktif, kreatif dan inovatif dari siswa tidak mudah ditumbuhkan. Guru sebagai pendidik berperan aktif untuk menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan serta membuat siswa lebih aktif dan memahami materi pelajaran. Guru juga harus menciptakan suasana belajar yang interaktif dan nyaman, yaitu dengan menerapkan rancangan pembelajaran yang baik, sehingga siswa belajar aktif untuk memecahkan masalah sendiri, menemukan contoh-contoh, mencoba keterampilan dan melakukan tugas.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Hakikat Pembelajaran Biologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel