Naskah Cirebon Tentang Rajah, dan Amalan Doa-Doa

- April 18, 2019
Bungfei.com-Naskah ini boleh dikatakan unik karena salah satu kandungan didalamnya memuat mengenai tata cara penggunaan Rajah dan khasiatnya, selain itu tentunya juga memuat beberapa amalan doa dalam kehidupan sehari-hari.

Kondisi naskah ini sudah dilakukan daur ulang, kertas naskah asli dibawahnya sudah dilapisi dengan kertas baru. Kertas lama berjenis kertas  dluwang sementara kertas baru yang digunakan untuk melapisi ketas naskah asal adalah kertas eropa.

Naskah mempunyai sampul dan dijilid, namun sampul dan jilidan tersebut merupan bagian dari daur ulang naskah. Sebagian teks naskah sudah tidak terbaca da nada juga halaman naskah yang sobek, baris teks naskah berjumlah 6 baris dalam tiap lembar. Tinta naskah hitam dan merah, namun tinta merah digunakan pada bagian-bagian tek tertentu yang dianggap paling penting saja. Naskah tidak menyertakan halaman, didalam naskah memuat iluminasi dan ilustrasi. Naskah ini juga tidak memuat nama pengarang, penyalin dan tahun penulisan.

Naskah berisikan tentang doa-doa dalam kehidupan sehari-hari yang diambil dai ayat-ayat alquran, didalamnya juga memuat tata cara membuat rajah dan penggunaannya, serta memuat tentang perhitungan upacara selepas tanggal kematian. Naskah ini ditutup dengan penulisan ayat-ayat alquan terutamanya pada surat-suat yang masuk pada bagian Zuz Ama’.

Petikan teks naskah awal ”puniki niyate nyolataken mayit lanang ushali a’ala hadzal mayyiti arba’ takbiratan fadon imaman atawa ma’muman..........” (Hlm. 19)

Petikan teks naskah akhir ” Bismilahi rahmanirahim. A’basa watawala an Jaihul a’ma wama ydrika na’alahu yazakka.............................” (Hlm 168)

Ringkasan Kondisi Naskah:
  1. Judul : [Amalan dan Doa-Doa]
  2. Jenis Naskah : Prosa
  3. Bahasa Naskah : Jawa-Arab
  4. Aksara Naskah : Pegon- Arab
  5. Jenis Kertas : Dluwang
  6. Halaman : 180
Berikut ini gambaan kondisi naskah ditinjau dari dokumentasi foto (jpg) yang telah kami dapat;
Kondisi Naskah
Jika anda menginginkan file naskah ini anda dapat menghubungi kontak kami dalam blog ini. 


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search