Naskah Cirebon Futuhatul Ilahiyah

- April 18, 2019
Bungfei.com-Kondisi naskah Futuhatul Ilahiyahmasih utuh dan lengkap, naskah masih memiliki sampul, sampul berwarna coklat terbuat dari kulit, meskipun demikian sampul naskah lepas. Naskah dalam kondisi terjilid, jilidan menggunakan benang. Alas naskah menggunakan kertas eropa.

Penomoran halaman naskah ini tidak ada, namun terdapat kata alihan. Di setiap halaman terdapat 17 baris. Naskah ditulis dengan menggunakan tinta hitam dan merah, tinta merah hanya digunakan untuk teks-teks yang dianggap penting. Naskah tidak ada cap kertas (watermark), tidak ada garis tebal (chain lines) dan garis tipis (laid lines), dan tidak ada garis panduan yang ditekan (blind lines) atau penggarisan dengan tinta maupun pensil.

Naskah ini berisi 10 bab pembahasan yaitu (1) tentang pengertian tasawuf dan bahasan-bahasannya (2) tentang penjelasan mengenai beberapa rukun dan metode mengenal Allah (3) tentang Tauhid, Iman dan Islam (4) tentang hakikat ilmu agama dan ilmu yakin disertai asal-usulnya (5) tentang wahyu, ilham dan anugrah (mimpi?) (6) tentang muhadhiroh, mukasyafah, musyahadah, dan mu’ayinah (7) tentang syariat, thaiqot dan hakikat (8) tentang sebab-sebab isyadah dan syaqowah (9) tentang khowatir [pemikiran/aliran] dalam Islam (10) tentang pelaksanaan perjanjian, tata cara berpakaian dan dzikir talqin. Pada akhir naskah ini ditutup dengan tata cara bewuduhu.

Petikan teks naskah bagian awal : ” Fa hadza mukhtasirun fi tashawuf sumiyat bi futuhatil ilahiyah fi naf’i arwakhi a-l-mawati al-insaniyati musytamilun a’la a’syrotin fushulin,.......” (hlm 3)

Petikan teks naskah bagian akhir: ”.....walhkhomis ghoslu rijlayn ma’ ka’bayn.....” (hlm 245)

Ringkasan Spesifikasi Naskah:

  1. Judul  : Futuhatul Ilahiyah
  2. Koleksi : Bangbang Irianto
  3. Jenis Naskah: Prosa
  4. Bahasa Naskah: Arab
  5. Aksara Naskah : Arab
  6. Ukuran Naskah : 20,5 x 16,5 cm
  7. Ukuran Teks : 14 x 9,5 cm
  8. Jenis Kertas : Kertas Eropa
  9. Halaman : 246  
  10. Pengarang: Ruknudin Abdul Qudus Hanafi al-Huasain
  11. Tahun penulisan: 1000 H (Siang Jumat pada Bulan Ramadhan)
  12. Penyalin: H. Hikamudin Bin Haji Mawardi
  13. Tempat Tinggal Penyalin : Jungjang, Arjawinangun Cirebon

Berikut ini adalah tampilan Naskah dalam bentuk file foto (jpg)-nya:
Doc Jpg Naskah
Bagi anda yang ingin mendapatkan file naskah ini, silahkan hubungi kontak penulis yang tersedia dalam blog ini.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search