Desa Bangkaloa Ilir Kec Widasari Kab Indramayu

- April 24, 2019

Bungfei.com-Desa Bangkaloa Ilir adalah salah satu desa yang boleh dibilang cukup mudah dijangkau, mengingat desa ini terletak di tepian jalan Nasional Trans Jawa. Kini Desa Bangkaloa Ilir menjadi desa yang cukup ramai, sebab diwilayah desa tersebut terdapat berbagai macam aktifitas keramaian sepeti adanya Bank, Pom Bensin, Sekolah SD-SMP, Pabrik, Dealer Motor-Mobil hingga Karoke.

Asal-Usul  Penamaan Bangkaloa Ilir

Ditinjau dari asal-usul namanya, sebagaimana sumber-sumber Perkataan orang tua dahulu yang disampaikan dari mulut kemulut dinyatakan bahwa: Nama Bangkaloa di ambil dari Kata Bangkai (Bangke dalam pelafalan Jawa Dermayu) dan kata lo (Loa atau Lo adalah sejenis pohon yang dahulu tumbuh ditepi kali Cimanuk) sehingga kata Bangkaloa bermaksud Bangkai yang tersangkut dipohon loa yang tumbuh ditepi Sungai Cimanuk.
Masjid dan Kantor Balaidesa Bangkaloa Ilir
Pada waktu itu konon ditepi sungai Cimanauk ditemukan bangkai bayi manusia yang berputar-putar di tepian sungai Cimanuk yang kemudian tersangkut di pohon Lo, sehingga kejadian tersebut membuat gempar penduduk pedukuhan-pedukuhan yang ada disekitar sungai Cimanuk, selepas peristiwa itu lambat laun pedukuhan tempat terjadinya peristiwa tersangkutnya bangkai bayi manusia dipohon Lo itu dinamakan Bangke Lo, namun akibat perubahan pelafan orang, maka kata Bangke lo itu kemudian berubah menjadi Bangkaloa.

Adapun kata Ilir adalah sebuah kata Jawa Indramayu lama yang bermaksud Utara, dan menurut sumber-sumber orang-orang tua terdahulu penambahan kata Ilir tersebut berkaitan dengan dipecahnya wilayah Pedukuhan Bagkaloa menjadi dua yakni Girang (Girang: Bermaksud Selatan) dan Bangkaloa Ilir (Ilir Bermaksud Utara), dan sekarang ini sebagaimana diketahui bahwa Desa Bangkaloa Ilir Berbatasan langsung dengan Desa Girang (Tegal Girang).

Terbentuknya Pemerintahan Desa Bangkaloa Ilir

Bangkaloa Ilir adalah sebuah dusun yang terletak ditepian Sungai Cimanuk, yang terdiri dari beberapa Blok/pendukuhan. Pada saat itu banyak pendatang menetap di daerah Bangkaloa, seiring dengan semakin banyaknya jumlah penduduk yang menetap di daerah Bangkaloa Ilir maka pada tahun 1885 pendukuhan-pendukuhan tersebut disatukan kemudian terbentuknya Desa Bangkaloa Ilir, dengan mengangkat Bapak Ruminah menjadi kepala Desa (Kuwu).

Wilayah Desa Bangkaloa Ilir terangkum dalam wilayah Kecamatan Widasari. Batas Desa Bangkaloa Ilir meliputi sebelah utara Desa Widasari, sebelah timur Desa Jatibarang, sebelah selatan Desa Tegal Girang, sebelah barat Desa Malangsari (Pemekaran dari Desa Bangkaloa Ilir). Sumber-sumber pendapatan Desa diantaranya adalah Bengkok (Tanah Carik), Titi sara,dan tanah milik adat.

Adapun nama-nama Kuwu atau Kepala Desa, Desa Bangkaloa Ilir dari mulai terbentuknya hingga saat ini adalah sebagaimana tabel berikut:

Letak Geografis Desa Bangkaloa Ilir

Desa Bangkaloa Ilir terletak di Wilayah Kabupaten  Indramayu, dengan luas Wilayah 639,712 Hektar yang terdiri dari 4 Dusun dengan 4 Rukun Warga (RW) dan 22 Rukun Tetangga (RT) yang merupakan salah satu Desa yang berada di wilayah Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu. Dengan batas wilayah sebagai berikut :
Desa Bangkaloa Ilir merupakan Desa yang berada di Kecamatan widasari kabupaten Indramayu, dengan ketinggian 97,8  DPL (Di atas Permukaan Laut), dimana berbatasan langsung dengan desa di luar Kecamatan Widasari diantarannya sebelah Timur berbatasan dengan Desa Jatibarang Kecamatan Jatibarang sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Tegalgirang dan Desa Bankaloailir Kecamatan Widasari, sebelah barat berbatasn dengan Desa Malangsari Kecamatan Bangodua, dan Desa Bangkaloa Ilir Kecamatan Widasari, serta sebelah utaranya berbatasan dengan Desa Widasari, dan DesaBangkaloa Ilir Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu.

Penduduk Desa Bangkaloa Ilir

Penduduk Desa Bangkaloa Ilir berdasrkan data terakhir hasil sensus Penduduk Tahun 2014 tercatat sebanyak 5697 jiwa, Tahun 2013 sebanyak 5695 Jiwa, Tahun 2012 sebannyak 5689 Jiwa dan Tahun 2011 sebanyak  5691.Jiwa, Sehingga mengenai penduduk Desa Bangkaloa Ilir Mengalami kenaikan untuk setiap tahunnya dengan rata-rata 30 %, untuk lebih jelasnya sebagimana kita lihat  tabel  berikut ini :
Kondisi Penduduk
Proyeksi Jumlah penduduk di Desa Bangkaloa Ilir Tahun 2014 berjumlah 5697Jiwa , Tahun 2013  berjumlah  5696 Jiwa.

Seni Budaya Desa Bangkaloa Ilir

Kebudayaan yang ada di Desa Bangkaloa Ilir merupakan modal dasar pembangunan yang melandasi pembangunan yang akan dilaksanakan, warisan budaya yang bernilai luhur merupakan dasar dalam rangka pengembangan pariwisata budaya yang dujiwai oleh mayoritas keluhuran Nilai Agama Islam.

Pemerintah terus membinan kelompok dan organisasi kesenian yang ada, walupun dengan keterbatasan dana yang dialokasikan, namun semangat para pewaris kebudayaan di Desa Bangkaloa Ilir Kecamatan Widasari  Kabupaten Indramayu, terus merawat dan melstarikannya dengan akhir-akhir ini membentuk Ikatan Olah raga dan Seni Formi mulai dari tingkat Desa sanmpai Ketingkat Kabupaten Indramayu. Dengan memeliharanya agar kelompok–kelompok kesinian tersebut terus terpelihara.

Adapun kelompok kesenian yang ada di Desa Bangkaloa Ilir baik yang masih eksis dan fasif adalah sebagaimana tabel berikut:
Gambaran Kelompok Kesenian Desa Bangkaloa Ilir


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search