Pengertian Bina (بناء) Dalam Bahasa Arab

- Maret 24, 2019
BUNGFEI.COM-Bina  secara bahasa bermaksud konstruksi atau bangunan, adapun bina dalam ilmu sharaf bermaksud konstruksi kata dalam bahasa Arab. Bina dalam ilmu sharaf terdiri dari 7 macam (Nadzir, Tanpa Tahun. 1). Ketujuh macam bina tersebut terangkum dalam bunyi nadzom sebagai berikut:
 صحيحٌ أو مثالٌ أومضاعفُ # لفيفٌ ناقصٌ مهموزٌ أجوفُ

Berdasarkan nadzom tersebut dapatlah dipahami bahwa ketujuh bina tersebut adalah bina sohih, mistal, mudha’af, lafif, naqish, mahmuz dan ajawaf.

Adapun pengertian dari tiap-tiap bina yang berjumlah tujuh tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bina sohih adalah apabila kata dalam bahasa arab tersebut tidak mengandung huruf ilat (و ا ى).  Sperti kata (نصر)
  2. Bina mistal adalah apabila kata bahasa arab tersebut terdapat huruf (و- ي) pada fa fi’ilnya seperti kata (وعد - يسر).
  3. Bina mudha’af adalah apabila terdapat huruf yang sama dalam sebuah kata seperti kata (مدّ) terdapat huruf dzal pada a’in dan lam fi’il dari kata tersebut sebab asal dari kata (مدّ) adalah (مدد). 
  4. Bina lafif adalah apabila terdapat huruf ilat pada fa fi’il dan lam fi’ilnya atau juga pada a’in dan lam fi’ilnya. Seperti pada kata (وقى -شوى). 
  5. Bina naqish adalah apabila terdapat huruf (و- ي) pada lam fi’ilnya. Seperti pada kata (غزا- رمى).
  6. Bina mahmuz adalah apabila terdapat huruf (أ) pada a’in dan lam fi’ilnya sepert pada kata (سأل- نشأ).
  7. Bina Ajawaf adalah apabila terdapat huruf (و- ي) pada a’in fi’ilnya sepert pada kata (صان- باع) yang asalnya (صون- بيع). (Fathu Rahim, Tanpa Tahun: 1)


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search