Contoh Presepsi dan Pengertiannya

- Maret 12, 2019
Bungfei.com-Sebelum membahas mengenai bagaimana contoh presepsi, maka harus bagi pembaca untuk memahami terlebih dahulu mengenai pengertian dari kata “Presepsi” itu sendiri. Sebenarnya ditinjau dari pengertiannya, kata “Presepsi” sudah banyak didefinisikan atau diartikan oleh beberapa ahli.

Pengertian presepsi dalam kamus ilmiah adalah pengamatan, penyusunan dorongan-dorongan dalam kesatuan-kesatuan, hal mengetahui, melalui indera, tanggapan (indera) dan daya memahami (Partanto, 2001: 591).

Menurut pendapat Kartono (1984:77) persepsi adalah pengamatan secara global, belum disertai kesadaran, sedang subyek dan obyeknya belum terbedakan satu dari lainya (baru ada proses yang memiliki tanggapan).

Sedangkan menurut Walgito (2003:53), persepsi adalah pengorganisasian, penginterpretasian, terhadap stimulus yang diterima oleh organism atau individu sehingga merupakan aktivitas yang integrated dalam diri.

Sementara itu Menurut Kohlberg (Istaji,2001: 16-17) presepsi masuk dalam ranah penalaran, sementara penalaran sendiri bagian dari moral oleh karena itu ia menyebutnya dengan penalaran moral, sementara ditinjau dari perkembangannya penalaran moral melalui beberapa tahapan perkembangan.

Dari hasil penelitiannya, Kohlberg percaya bahwa seluruh tingkatan dan tahapan-tahapan perkembangan terjadi secara berurutan sesuai dengan usia. Sebelum  usia  9 tahun, penalaran anak menghadapi suatu permasalahan moral dilakukan dengan cara Pra-Konvensional.  Pada  awal masa remaja, penalaran mereka dilakukan secara konvensional, biasanya berada pada tahap tiga, dengan menunjukan ciri-ciri pada tahap 2 dan tahap 4. Pada awal masa dewasa, sejumlah kecil individu berfikir dengan cara Post-Konvensional (Santrock, 2003:442).

Berdasarkan beberapa pengertian presepsi sebagaimana dipaparkan oleh para ahli di atas, maka pengertian presepsi  adalah “ penalaran seseorang dalam menanggapi suatu hal tertentu yang didasarkan pada anggapan pemikirannya melalui kegiatan melihat dan mengamati, presepsi sendiri dalam tiap-tiap individu dalam menanggapi segala hal akan berbeda-beda sebab presepsi atau penalaran mengenal perkembangan”.

Lalu bagaiamana contoh presepsi itu..? begini jawabannya..

Setelah melakukan pengamatan singkat melalui kegiatan melihat pada HP Android merek C, Prabowo beranggapan bahwa HP itu batrainya tahan lama, presepsi Prabowo ini didasarkan pada bentuk batrai HP yang besar setelah ia melihat-lihatnya. Inilah contoh dari presepsi.

Perlu dipahami bahwa presepsi itu adalah anggapan, jadi belum tentu kebenarannya, dalam kasus Prab owo, b oleh jadi presepsinya benar tentang kapasitas kekuatan Batrai tersebut, tapi bisa juga salah.

Presepsi Prababowo dianggap benar apabila terbukti selain besar Btrai tersebut mempunyi daya besar. Tapi bisa juga salah apabila kondisi Batre yang bentuknya besar itu ternyata tidak dilengkpi penmpungan daya yag besar pula.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search