Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Presepsi

Menurut Siagian (1995:101) ada beberapa hal yang dapat mempengeruhi presepsi seseorang dalam menanggapi suatu hal tertentu, yaitu:

Diri yang Bersagkutan

Apabila seseorang melihat dan berusaha memberikan interpretasi tentang apa yang dilihat. Karakteristik individu yang turut berpengaruh antara lain sikap, motif, kepentingan, pengalaman dan harapan.

Sasaran Presepsi

Sasaran persepsi yang mungkin berupa orang, benda atau peristiwa. Sasaran ini berpengaruh antara persepsi.

Faktor Situasi

Persepsi harus dilihat secara kontekstual yang artinya bahwa dalam situasi mana persepsi itu timbul perlu mendapatkan perhatian. Situasi merupakan faktor yang turut berperan dalam menumbuhkan persepsi.

Tidak terlampau jauh dengan pendapat Siagian menurut David Krech dan Richard, (Rahmat, 2000:5-58) menyebutkan bahwa yang mempengaruhi presepsi adalah faktor fungsional, faktor struktural, faktor situasional dan faktor personal. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Faktor Fungsional

Faktor Fungsional, adalah faktor yang berasal dari kebutuhan, pengalaman masa lalu dan hal-hal yang termasuk apa yang kita sebut sebagai faktor-faktor personal. Faktor personal yang menentukan persepsi adalah objek-objek yang memenuhi tujuan individu yang melakukan persepsi.

Faktor Struktural

Faktor Struktural, adalah faktor yang berasal semata-mata dari sifat. Stimulus fisik efek-efek saraf yang ditimbulkan pada sistem saraf individu.

Faktor Situasional

Faktor ini banyak berkaitan dengan bahasa nonverbal. Petunjuk proksemik, petunjuk kinesik, petunjuk wajah, petunjuk paralinguistik adalah beberapa dari
faktor situasional yang mempengaruhi persepsi.

Berdasarkan penjelasan kedua ahli di atas dapatlah dimengerti bahwa  persepsi seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai pengetahuan, keinginan dan pengalaman yang relevan terhadap stimulasi yang dipengaruhi oleh perilaku manusia dalam menentukan pilihan hidupnya, seperti dipengaruhi oleh keadaan diri seseorang, situasi, sasaran presepsi dan situasi orang tersebut berada.

Belum ada Komentar untuk "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Presepsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel