Bentuk-Bentuk Prestasi Belajar

- Maret 26, 2019
Bungfei.com-Ada tiga hal pokok yang penting dalam belajar yaitu 1) Bahwa belajar itu membawa perubahan 2) Bahwa belajar itu pada pokoknya adalah didapat kecakapan baru 3) Bahwa perubahan itu terjadi karena usaha dengan sengaja.

Dalam proses belajar, tujuan belajar yang hendak dicapai adalah kemampuan dalam pencapaian hasil belajar. Ada beberapa macam kemampuan dari hasil belajar yang hendak dicapai yaitu 1) Keterampilan intelektual, merupakan hasil belajar yang sangat penting dari system lingkungan skolastik. 2) Strategi kognitif, yakni mengatur “cara berfikir” seseorang dalam arti seluas-luasnya termasuk dalam kemampuan memecahkan masalah. 3)Informasi verbal, yakni pengetahuan dalam arti informasi dan fakta, dimana kemampuan ini pada umumnya lebih dikenal. 4) Keterampilan motorik yang diperoleh di sekolah. 5) Sikap dan nilai, berhubungan dengan arah dan intensitas emosional yang dimiliki seseorang sebagaiman dapat disimpulkan dari kecendrungan bertingkah laku terhadap orang lain,barang atau kejadian.

Bentuk-bentuk prestasi belajar secara rinci yaitu 1) ranah kognitif, yaitu: aspek pengenalan, aspek mengingat kembali, dan aspek pemahaman. 2) ranah Afektif, yaitu: aspek penerimaan, sambutan, aspek penilaian, aspek organisasi, dan aspek karakteristik diri dengan suatu nilai atau kompleks nilai. 3) Ranah Keterampilan, yaitu: aspek keterampilan kognitif, aspek keterampilan motorik, aspek keterampilan reaktif.

Perubahan status abilitas meliputi tiga ranah/domain dan masing-masing ranah dirinci menjadi beberapa jangkauan kemampuan (level of competence) yang dipaparkan sebagai berikut:
  1. Kognitive Domain yang meliputi a) Knowledge (pengetahuan, ingatan). b) Comprehension (pemahaman, menjelaskan, meringkas. c)Analysis (menguraikan, menentukan hubungan). d) Synthesis (mengorganisasikan, merencanakan, membentuk bangunan baru). e) Evaluation (menilai). f) Application (menerapkan).
  2. Affective Domain yang meliputi a) Recieving (sikap menerima) b)Responding (memberikan respon) c) Valuing (nilai) d) Organization (organisasi)
  3. Characterization (karakteristik) yang meliputi a) psychomotor Domain Initiatory level b) Pre-routine level (sebelum kebiasaan) c)Rountized level (menjadi kebiasaan).
Berdasarkan kelima macam kemampuan dalam mencapai prestai belajar tersebut, dapat diketahui bahwa tujuan belajar pada intinya ada tiga kemampuan yang hendak dicapai, yaitu kemampuan kognitif (penguasaan pelajaran), afektif (perilaku dari hasil penguasaan pelajaran), dan psikomotor (keterampilan menerapkan ilmu yang telah didapatkan dari belajar).

Baca Juga: Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search