Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

- Maret 26, 2019
Bungfei.com-Pada prinsipnya yang mempengaruhi prestasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adakalanya dari dalam diri siswa (intern) dan dari luar dirinya (ekstern).

Proses belajar didorong oleh motivasi instrinsik siswa. Di samping itu proses belajar juga dapat terjadi, atau menjadi bertambah kuat, bila didorong oleh lingkungan siswa.

Dengan kata lain aktivitas belajar dapat meningkat bila program pembelajaran disusun dengan baik. Program pembelajaran sebagai rekayasa pendidikan guru di sekolah serta peran orang tua di rumah merupakan faktor ekstern belajar.

Ditinjau dari segi siswa, maka ada beberapa faktor ekstern yang berpengaruh pada aktivitas belajar, yaitu sebagai berikut:

  • Orang tua sebagai pendidik di keluarga

Pendidikan pertama kali dikenal oleh anak didik adalah di dalam keluarga, yang dimotori oleh orang tuanya masing-masing, baik dan tidaknya prestasi yang dicapai oleh anak didik tidak terlepas dari peranan orang tua dalam menerapkan cara pendidikan keluarga pada anak-anaknya. Sehingga hasil pendidikan yang diterapkan oleh orang tua mendasari hasil belajar di sekolah.

  • Guru sebagai pembina siswa belajar

Guru adalah pengajar yang mendidik. Ia tidak hanya mengajar bidang studi yang sesuai dengan keahliannya, tetapi juga sebagai pendidik generasi muda bangsanya. Sebagai pendidik, ia memusatkan perhatian pada kepribadian siswa, khususnya berkenaan dengan kebangkitan belajar.

  • Prasarana dan sarana pembelajaran

Lengkapnya prasarana dan sarana pembelajaran merupakan kondisi pembelajaran dengan baik. Hal itu tidak berarti bahwa lengkapnya prasarana dan sarana menentukan jaminan terselenggaranya belajar yang baik, tapi justru yang mesti dicermati adalah bagaimana mengelola prasarana dan sarana pembelajaran sehingga terselenggara proses belajar yang berhasil dengan baik.

  • Lingkungan sosial siswa di sekolah

Tiap siswa berada dalam lingkungan sosial siswa di sekolah, dan dalam lingkungan sosial siswa tersebut ditemukan adanya kedudukan dan peranan tertentu. Jika seorang siswa diterima di lingkungan tersebut, maka dia dengan mudah menyesuaikan diri dan segera dapat belajar. Sebaliknya, jika ia ditolak, maka ia akan merasa tertekan.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search