Pengertian Prestasi Belajar Menurut Para Ahli

- Maret 26, 2019
Bungfei.com- Ada beberapa pengertian prestasi belajar yang diungkapkan oleh beberapa ahli dalam bidang pendidikan, pengertian-pengertian tersebut pada umumnya hampir sama, hanya seidkit perbedaan saja. Berikut ini adalah pengertian restasi belajar menuru 4 orang ahli dalam bidang pendidikan.

Prestasi belajar adalah hasil diperoleh dari serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam intraksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotorik, Dengan demikian hasil belajar adalah hasil yang telah dicapai dari proses pembelajaran dengan perubahan yang terjadi itu sebagai akibat dari kegiatan belajar yang telah dilakukan oleh individu. (Djamarah, 2011: 175)

Prestasi belajar merupakan hasil dari proses belajar, hasil belajar ini dapat dilihat dari dua sisi yaitu, dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila di bandingkan pada saat pra-belajar dan dari sisi guru, hasil belajar merupakan saat terselesaikannya bahan pelajaran. (Dimyati, 2002: 250)

Prestasi belajar adalah perubahan tingkah laku atau kemampuan setelah siswa mengalami pengalaman belajar yang mencakup bidang kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan). (Nana Sudjana. 2007: 22)

Prestasi belajar adalah hasil kegiatan guru setelah melakukan proses belajar mengajar. Penilaian hasil belajar secara esensial bertujuan untuk mengukur keberhasilan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan sekaligus mengukur keberhasilan peserta didik dalam penguasaan kompetensi yang telah dilakukan. Kompetensi atau kemampuan tertentu baikkognitif, afektif, psikomotorik yang dicapai atau dikuasai peserta didik setelah mengikuti proses belajar mengajar. (Kunandar, 2010: 10)

Dari beberapa pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah keberhasilan yang dapat dicapai siswa yang terlihat dari pengetahuan, sikap dan keahlian yang dimilikinya.

Baca Juga: Bentuk-Bentuk Prestasi Belajar


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search