Rumus ROA (Return Of Asset)

- Februari 23, 2019
BUNGFEI.COM- Rumus ROA biasanya dicari-cari mahasiswa Akuntansi, ada yang hanya mencarinya  untuk sekedar tahu, ada juga yang mencarinya untuk bahan penelitian skripsinya. Oleh karena itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai rumus ROA akan tetapi sebelum itu penulis mencoba menjelaskan terlebih dahulu  mengenai ROA secara mendalam.

Ditinjau dari pengertiannya Return on Asset (ROA) adalah rasio antara Net Income After Tax terhadap aset secara keseluruhan menunjukan ukuran produktivitas aktiva dalam memberikan pengembalian pada penanaman modal (Sawir. 2012: 322).

Sedangkan menurut Ghozali dan Irwansyah (2002) dalam Arista (2012) “Return on Asset mengukur efektifitas perusahaan dalam memanfaatkan seluruh sumber dana yang sering juga disebut pengembalian atas investasi”.

Sementara menurut menurut Ang (1997) dalam Arista (2012) mengatakan bahwa: ”Return on Asset adalah salah satu rasio profitabilitas yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan didalam menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan aktiva yang dimilikinya”.

Dari definisi-definisi tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Return on Asset merupakan rasio imbalan aktiva dipakai untuk mengevaluasi apakah manajemen telah mendapat imbalan yang memadai (Reasonable Return) dari asset yang dikuasainya. Dalam perhitungan rasio ini, hasil biasanya didefinisakan sebagai sebagai laba bersih (Operating Income).

Rasio ini merupakan ukuran yang berfaedah jika seseorang ingin mengevaluasi seberapa baik perusahaan telah memakai dananya, tanpa memperhatikan besarnya relatif sumber dana tersebut.
Return on Asset kerap kali dipakai oleh manajemen puncak untuk mengevaluasi unit-unit bisnis di dalam suatu perusahaan multidivisional. Adapun rumus ROA sebagai inti pemb ahasan dalam artikel ini adalah sebagai berikut:
Rumus di atas tentu sangat sederhana dan mudah jika diaplikasikan, contoh. Bila suatu perusahaan memiliki total laba bersih usaha Sebesar Rp. 10.000, sedangkan total asset perusahaan sebesar Rp. 5.000.000, maka apab ila kita hendak mencari ROA tinggal lab a b ersih ibagi (/) total asset. Hasilnya adalah 0,002. Ini berarti ROA dari perusahaan tersebut adalah 0,002. 


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search