Arti Kata Tut Wuri Handayani

- Februari 27, 2019
BUNGFEI.COM-Dalam dunia pendidikan, kita mengenal kata Tut Wuri Handayani, kata tersebut begitu terkenal bahkan dijadikan sebagai kata-kata dalam logo resmi departemen pendidikan Nasional. Bagi sebagaian rakyat Indonesia, meskipun kata tersebut tidak asing, akan tetapi banyak diantara mereka yang belum memahami artinya, mengingat kata-kata tersebut bukan berasal dari bahasa Indonesia.

Kata Tutwuri Handayani diciptakan oleh Ki Hajar Dewantoro, Bapak Pendidikan Indonesia, kata tersebut memang bukan berasal dari Bahasa Indonesia melainkan berasal dari bahasa Jawa halus, sehingga banyak orng luar Jawa yang tidak mengerti artinya.

Kata Tutwuri Handayani, sebenarnya hanya potongan dari deretan rangkaian kata-kata panjang yang diciptakan Ki Hajar Dewantoro untuk dijadikan pedoman bagi seorang Guru dalam melaksanakan tugasnya.

Rangkaian kalimat lengkap yang menyertai kata “Tut Wuri Handayani” itu adalah;
 “Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani” 
Jika diartikan secara bahasa dan istilah, kata-kata tersebut mempunyai arti sebagai berikut:

Ing Ngarso Sun Tulodo 

Ing ngarso artinya “didepan / dimuka” sementara kata “Sun”  berasal dari kata “Ingsun” yang artinya saya, sementara kata “Tulodo” berarti tauladan.

Jadi makna Ing Ngarso Sun Tulodo adalah menjadi seorang Guru/Pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan yang baik bagi orang-orang disekitarnya, terutamanya b agi murid-muridnya.

Ing Madyo Mbangun Karso

Ing Madyo artinya “di tengah-tengah”, aapun kata “Mbangun” berarti membangkitan atau menggugah, sementara kata “Karso” berarti “ kemauan atau niat”.

Jadi makna dari kata itu adalah seseorang guru/ pemimpin ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat . Karena itu seseorang juga harus mampu memberikan motivasi dan inovasi terhadap orang-orang dilingkungannya dengan menciptakan suasana yang lebih kodusif untuk keamanan dan kenyamanan.

Tut Wuri Handayani

Kata “Tut Wuri” artinya mengikuti dari belakang, sementara kata “ Handayani” berati memberikan dorongan moral atau dorongan semangat.

Memahami hal terse but maka arti dari kata “ Tut Wuri Handayani”  bermaksud seseorang guru/pemimpin harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang. Dorongan moral ini sangat dibutuhkan oleh orang - orang disekitar kita menumbuhkan motivasi dan semangat.

Memahami arti dari kata Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, maka dapatlah dimengerti bahwa maksud dari kata itu adalah figur seseorang guru yang baik adalah disamping menjadi suri tauladan atau panutan, tetapi juga harus mampu menggugah semangat dan memberikan dorongan moral (menjadi motivator) dari belakang agar orang - orang disekitarnya dapat merasa situasi yang baik dan bersahabat. Sehingga kita dapat menjadi manusia yang bermanfaat di masyarakat.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search