Inilah 9 Penyebab Munculnya Jerawat Menurut Dokter

- Februari 05, 2019
BUNGFEI.COM-Munculnya jerawat tentu bukan datang tiba-tiba ada penyebabnya, meskipun kadang penyebabnya itu tidak diketahui oleh para penderitanya, oleh karena itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa saja penyebab menuculnya jerawat menurut dokter dan ilmuan yang telah kami rangkum. Setidak-tidaknya ada 9 penyebab jerawat, sebab-sebab tersebut adalah sebagai berikut:

Faktor Keturunan

Jerawat itu ternyata penyakit genetikal, atau penyakit yang bisa tumbuh karena keturunan, jadi kalau orang tua kita jerawatan, atau banyak jerawatnya maka nantinya anaknya juga kemungkinan besar akan jerawatan pula, meskipun demikian bagi anda yang mempunyai orang tua begitu jangan putus asa ya sebab meskipun penyakit ini jenis penyakit genetikal kalau kita bisa merawat wajah kita dengan baik kita juga bisa terhindar dari jerawatan.

Faktor Hormon

Hormon itu adalah pemacu tubuh, jadi kalau anda berkeringat, sebab-sebab berkeringatnya itu karena adanya hormon dalam tubuh anda memacu keluarnya keringat. Nah factor hormone ini ternyata bisa memacu munculnya jerawat, jadi intinya tubuh manusia harus punya hormone, tapi jangan kebanyakan sebab kalau kebanyakan akan memacu hal-hal yang kurang baik salah satunya munculnya jerawat.

Faktor Makanan

Jerawat juga bisa muncul diakibatkan oleh makanan yang kita makan, oleh kaena itu hati-hatilah ketika makan, jangan rakus, gak boleh berlebihan, diantara makanan yang sering dihubungkan dengan kemunculan jerawat adalah makanan yang tinggi lemak seperti kacang, daging, susu dan es krim, dan juga makanan yang tinggi karbohidrat, dan beryodida tinggi seperti makanan asal lautdan makanan yang pedas.

Faktor Terganggunya Psikis Manusia

Faktor Terganggunya Pskikis manusia seperti stress, dan emosi ini akan menyebabkan munculnya jerawat, yang dimaksud emosi disini adalah emosi pada jerawat yang kita punya, jadi karena emosi dan terlalu memperhatikan jerawat yang kita derita justru akan menambah jerawat makin subur, oleh karena itu untuk menghindari banyaknya jerawat yang timbul salah satunya dengan bersikap cuek apabila kita menderita jerawatan.

Faktor Musim/Iklim

Berubah-ubahnya iklim musim dari musim panas dan musim penghujan, atau karena factor cuaca lainnya juga dapat menyebabkan jerawat muncul, karena perubahan musim itu juga berpengaruh pada kulit sehingga kalau kita tidak menjaganya betul-betul maka akan berakibat pada tumbuhnya jerawat.

Faktor Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri pada kulit wajah kita, apakah itu disebabkan karena kita sering main kotror-kotoran, dan hal-hal lainnya akan bisa menyebabkan munculnya jerawat, oleh karena itu untuk menghindarinya kita perlu menjaga kulit wajah kita agar selalu bersih, bisa dengan sering cuci muka, atau berwudu, ini nanti akan menyebabkan kulit wajah terhindar dari bakteri jahat penyebab jerawat.

Faktor Kosmetik

Menggunakan alas bedak, blush on dan bedak padat bisa memicu munculnya jerawat, hal ini dikarenakan partikel kosmetik tersebut bisa menyumbat pori-pori kulit pada wajah sehingga nantinya dapat menganggu wajah dan pada akhirnya akan menumbuhkan jerawat, oleh karena itu dalam menggunakan kosmetik jangan terlalu berlebihan, agar kulit wajah sehat.

Terlalu sering terpapar sinar matahari

Terlalu sering beraktivitas di bawah sinar matahari terumanya pada siang-siang bolong membuat tubuh berkeringat. Kelenjar minyak pun menjadi lebih aktif. Tumpukan minyak inilah yang menyebabkan jerawat muncul, oleh karena itu hindari terlalu sering berada di panas-panas matahari jika tidak perlu.

Faktor Bahan kimia lainnya

Obat-obatan kimia ternyata juga bisa menyebabkan munculnya jerawat, seperti mengkonsumsi obat-obatan jenis tertentu bisa membuat jumlah bakteri penyebab timbulnya jerawat bertambah banyak, sehingga jerawat menjadi lebih sering muncul, oleh karena itu waspadai obat-obatan jenis ini.

Demikianlah pemaparan dari BUNGFEI.COM seputar penyebab jerawat yang dihimpun dari beberapa pendapat dokter ahli dalam bidang penanggulangan jerawat. 


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search