Contoh Laporan Keuangan Perusahaan

- Februari 13, 2019
BUNGFEI.COM- Ditinjau dari pengertiannya laporan keuangan adalah laporan yang menunjukkan kondisi keuangan pada saat ini atau dalam suatu periode tertentu. Selain itu ada juga yang menyatakan bahwa laporan keuangan adalah suatu informasi yang menggambarkan kondisi laporan keuangan dan lebih jauh informasi tersebut dapat dijadikan sebagai gambaran kinerja keuangan tersebut.

Ditinjau dari bentuknya laporan keuangan meliputi bagian dari proses laporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan posisi keuangan (yang dapat disajikan dalam berbagai cara misalnya, sebagai laporan arus kas/laporan arus dana), catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.

Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan pada umumnya adalah laporan keuangan dari kegiatan tertentu yang mencakup nilai-nilai tertentu yang telah dianggarkan suatu badan organisasi usaha atau publik yang didalamnya memuat laporan tentang pelaksanaan usaha atau kegiatan tertentu yang melibatkan keuangan.

Sementara ditinjau dari tujuannya, pembuatan dan penyusunan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi yang berguna bagi pihak yang berkepentingan dalam pengambilan suatu keputusan.

Sementara menurut Ikatan Akuntan Indonesia (2009:3), tujuan laporan keuangan adalah: menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Adapun contoh dari inti laporan keuangan yang b iasa dibuat adalah sebagaimana gambar dibawah ini:
Contoh Inti Laporan Keuangan
Sementara contoh laporan keuangan perusahaan yang biasa dipublikasikan untuk keprluan publik dengan penyusunan yang sempurna contohnya adalah sebagai berikut:


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search