Rumus Prosentase Matematika

Rumus Prosentase-Adalah salah satu rumus yang digunakan untuk menghitung Prosentase suatu bilangan, bilangan kalau sedikit tentu menghitung Prosentasenya mudah tapi kalau banyak atau bilangannya ganjil kadang sulit menghitungnya, oleh karena itu diperlukan pemahaman terhadap rumus Prosentase agar nantinya dapat dengan mudah menghitung bilangan Prosentase yang besar-besar. Rumus Prosentase dilambangkan sebagai berikut:
Adapun penjelasan dari tiap-tiap rumus tersebut adalah sebagai berikut:
P
=
Angka prosentase
f
=
Frekuensi yang dicari prosentasenya
N
=
Jumlah frekuensi ( banyaknya individu )
100%
=
Bilangan tetap ( Anas Sudijono, 2001: 40 ).

Contoh I

Sebanyak 10 orang siswa berangkat ke sekolah pagi-pagi, akan tetapi sebelum sampai ke Sekolah 3 siswa ternyata terjebak macet di tengah jalan, sementara sisanya 7 siswa terhindar dari macet. Berapa % siswa yang terjebak macet ?

Jawab :
Maka jawaban dari pertanyaan di atas adalah “Sebanyak 30% siswa dari 10=100%” atau 3 siswa bermakna 30%. 

Contoh II

750 Karyawan Pabrik Kain di Cirebon melakukan demo di Gedung DPRD Cirebon, 134 Karyiawan naik sepeda motor sementara sisanya sebesar 616 lainnya naik bus. Berapa % Karyawan yang naik bus ?

Jawab :
Maka jawaban dari pertanyaan di atas adalah “Sebanyak 82,13% Karyawan dari 750=100%” atau 616 bermakna 82,13%. 

Angka-angka prosentase di atas tentu tidak mempunyai makna jika tidak dimasukan kepada rumus kriteria prosentase, oleh karena itu apa bila kita menginginkan hasil perhitungan di atas mempunyai makna maka diperlukan rumus kriteria penafsiran. Menurut Sugiyono, Rumus kriteria penafsiran prosentase adalah sebagai berikut:
76 % - 100 %
Baik
56 % - 75 %
Cukup
40 % - 55 %
Kurang baik
< 40 %
Tidak Baik
Jadi hasil dari jawaban soal dalam contoh pertama yaitu 30% bermakna Tidak baik karena kurang dari 40% (< 40 %), sementara jawaban soal dalam contoh kedua yaitu (82,13%) bermakna baik, karena nilai prosentasenya berada pada rentang nilai kriteria penafsiran 76 % - 100 %.

Belum ada Komentar untuk "Rumus Prosentase Matematika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel