Contoh Skripsi Bahasa Arab Dan Tata Cara Penyusunannya

- Mei 27, 2018
Skripsi Bahasa Arab-Bagi mahasiswa dan mahasiswi Indonesia yang kebetulan kuliah di jurusan pendidikan bahasa Arab maupun sastra Arab maka anda harus mempersiapkan diri untuk menyusun Skripsi berbahasa Arab, karena memang pada umumnya kedua jurusan tersebut mewajibkan mahasiwanya untuk menyusun skripsinya dengan menggunakan bahasa Arab. 
Komposisi Skripsi Bahasa Arab sebetulnya tidak jauh berbeda dengan komposisi Skripsi yang berbahasa Indonesia, karena memang pada nyatanya Skripsi Bahasa Arab  mengikuti kaidah penulisan Skripsi yang berbahasa Indonesia. Mulai dari “latar belakang penelitian” yang dituliskan dalam skripsi bahasa arab dengan istilah “Khalfiatul Bahs (خلفية البحث)” dan lain sebagainya. 

Penulisan Skripsi Bahasa Arab sebenarnya tidak terlampu sulit, bahkan buat ukuran mahasiswa bahasa Arab yang tidak terlalu menguasai bahasa Arab, yang penting anda cermat dan jeli dalam menyusunnya. Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menyusun skripsi bahasa Arab untuk mahasiswa yang tidak begitu faham dengan bahasa Arab adalah sebagai berikut:
  1. Tuliskan Skripsi Anda terlebih dahulu kedalam bahasa Indonesia
  2. Terjamahkan kedalam bahasa Arab
  3. Setelah selesai silahkan ajukan ke dosen pembimbing anda
  4. Nanti dalam proses pengajuan itu anda akan mendapatkan koreksi
  5. Benahi bagian-bagian skripsi yang telah dikoreksi itu sesuai dengan petunjuk dosen pembimbing.
Dalam penyususnan Skripsi bahasa arab diperlukan hal-hal pendukung yang harus dimiliki oleh penyusun, dan hal-hal yang sangat perlu dikuasi atau dimiliki oleh calon penyusun skripsi bahasa arab adalah:
  1. Penguasaan terhada tata cara pengetikan dengan bahasa arab
  2. Menyediakan kamus ataupun tool trasnlit Indo-Arab ataupun sebaliknya Arab-Indo
  3. Siapkan buku-buku nahwu dan shraf sebagai modal untuk dapat menyusun kalimat-kalimat bahasa arab dengan baik dan benar
Demikianlah modal utama dalam penyusunan Skripsi bahasa arab yang perlu diperhatikan agar kemudian dapat sukses dalam menyusunnya.

Contoh Skripsi Bahasa Arab.
Berikut ini adalah contoh Skripsi bahasa arab dengan judul :

تأثير شخصية المعلم على رغبة التلاميذ فى تعلم اللغة العربية (لدى تلاميذ الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ليوي موندينج ماجالنكا) 

Judu Skripsi tersebut jika diterjamahkan kedalam bahasa Indonesia mempunyai maksud “Pengaruh Kepribadian Guru Terhadap Minat Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab (Penelitian Pada Siswa Kelas VIII  MTs Negeri Leuwimunding Majalengka)".

Dalam skripsi tersebut dijelaskan bahwa pada mulanya peneliti mendapatkan data bahwa, guru bahasa arab di sekolah tersebut terbilang memiliki kepribadian yang baik, hal tersebut dibuktikan dari pengakuan sebagian siswa yang menyatakan begitu, tapi disisi lain, minat siswa dalam belajar bahasa arab di sekolah tersebut terbilang aneh, sebab menurut data absensi guru, bahwa ternyata siswa banyak yang absen ketika berlangsungnya pembelajaran bahasa arab oleh guru yang berkepribadian baik itu. 

Hal tersebut diatas merupakan masalah penelitian sebab seharusnya menurut teori, bahwa guru yang berkepribadian baik tentunya akan diminati siswa, siswa akan terus ingin belajar dengan guru yang model demikian, nah karena itulah demi untuk mengetahui hal yang sebenarnya terjadi, sehingga peneliti ingin melakukan penelitan guna memperoleh jawaban, apakah kepribadian itu berpengaruh terhadap minat belajar atau tidak..?, maka diangkatlah judul penelitian atau skripsi itu. 

Untuk dapat melihat contoh Skripsi yang dimaksudkan di atas, silahkan cermati contoh skripsi dibawah ini:

Perhatian.. Bagi anda yang melihat artikel ini dengan menggunakan HP, aktifkan rotasi layar anda dan miringkan HP anda agar contoh skripsi terlihat dengan sempurna.
Untuk dapat memperoleh contoh Skripsi bahasa Arab di atas silahkan download di SINI


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search