Tujuan Bisnis Dalam Islam

Tujuan Bisnis Islam-Menurut Veithzal Rifai (Rivai dkk., 2012), bisnis dalam Islam bertujuan untuk mencapai empat hal, yaitu sebagai berikut: 

Target hasil: profit materi dan benefit nonmateri 

Tujuan bisnis tidak selalu mencari profit (qimah madiyah atau nilai materi), tetapi harus dapat memperoleh dan memberikan benefit )keuntungan dan manfaat nonmateri, baik bagi si pelaku bisnis sendiri maupun pada lingkungan yang lebih luas, seperti terciptanya suasana persaudaraan, kepedulian sosial dan sebagainya. 

Pertumbuhan 

Jika profit materi dan benefit nonmateri telah diraih, maka diupayakan pertumbuhan akan kenaikan terus-menerus meningkat setiap tahunnya dari profit dan benefit tersebut. Upaya pertumbuhan ini tentu dalam koridor syariah. 

Keberlangsungan 

Pencapaian target hasil dan pertumbuhan harus terus diupayakan keberlangsungannya dalam kurun waktu yang cukup lama dan dalam menjaga keberlangsungan itu pada koridor syariat Islam. 

Keberkahan 

Para pengelola bisnis harus mematok orientasi keberkahan ini menjadi visi bisnisnya, agar senantiasa dalam kegiatan bisnis selalu berada dalam kendali syariat dan diraihnya keridhaan Allah (al, 2012, hal. 13). 

Sedangkan menurut Wiku Suryomurti (Suryomurti, 2016), ada banyak alasan orang berbisnis, yaitu: 

  1. Supaya harta itu jangan hanya beredar diantara orang-orang kaya saja.
  2. Karena adanya dorongan untuk mencari nafkah. 
  3. Karena pertumbuhan aset atau kenaikan penghasilan tidak seimbang dengan perkembangan keluarga, termasuk di antaranya jumlah anak yang harus dibiayai pendidikannya. 
  4. Karena diri kita tidak selamanya sehat dan muda, sehingga saat kita akan pensiun untuk bekerja. Untuk kepentingan itu, dibutuhkan sejumlah dana agar kita bisa menutupi biaya hidup di hari tua nanti. 
  5. Karena ingin meninggalkan keluarga atau anak cucu dalam keadaan kuat secara ekonomi. 

Kita perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk masa depan karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kelak (Mardani, 2014, hal. 13). 

Dari beberapa tujuan bisnis dalam Islam, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan bisnis tidak semata-mata untuk mencari profit atau nlai materi, tetapi harus dapat memperoleh dan memberikan keuntungan atau manfaat nonmateri bagi pelaku bisnis itu sendiri maupun lingkup yang lebih luas, seperti terciptanya suasana persaudaraan, kepedulian sosial, dan sebagainya.

Anda kesulitan menyusun Skripsi atau Tesis yang sedang anda buat, kami dapat mengarahkan anda ke Kontak Jasa penyusunan Skripsi, klik DISINI

Belum ada Komentar untuk "Tujuan Bisnis Dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel