Pengertian Produk dan Macam-Macamnya

Produk adalah sesuatu yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia atau organisasi (Gitosudarmo, 2014, hal. 20). Sedangkan produksi adalah proses koordinasi berbagai faktor produksi atau sumber daya untuk mentransformasi bahan menjadi produk (barang) atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen (Manullang, 2016, hal. 170). 

Produk dibedakan menjadi dua macam yaitu : 

(1) Produk yang berwujud 

Produk yang berwujud disebut barang. Barang terbagi menjadi empat macam yaitu: 

Barang konsumsi, yaitu barang yang dibeli oleh seseorang dengan tujuan untuk dipakai atau dikonsumsi sendiri beserta segenap anggota keluarganya. Barang konsumsi merupakan kebutuhan rumah tangga seseorang. Setiap orang atau rumah tangga akan membutuhkan brang konsumsinya masing-masing, seperti makan, minum, pakaian, alat rumah tangga dan sebagainya. Barang konsumsi dikelompokkan menjadi tiga macam yaitu: 

  1. Barang kebutuhan pokok (primer) 
  2. Barang kebutuhan pelengkap (sekunder) 
  3. Barang keutuhan kemewahan (tersier) 
  4. Barang industri, yaitu barang yang dibeli dengan tujjuan tidak untuk dipakai atau dikonsumsi sendiri akan tetapi untuk dipakai dalam perusahaannya dalam rangka menjalankan kegiatan operasional usahanya. Barang industri dapat berupa bahan dasar yang dibutuhkan, bahan pembantu, perlengkapan mesin, perlengkapan kantor dan sebagainya. 
  5. Barang komplementer, yaitu barang yang melengkapi barang yang lain. Misalnya sepeda motor harus dilengkapi dengan bensin dan sebagainya. 
  6. Barang subtitusi, yaitu barang yang menggantikan barang lain. Misalnya roti dapat menggantikan nasi dan sebagainya. 

(2) Produk yang tidak berwujud 

Produk yang tidak berwujud disebut jasa. Sebagai contoh, Universitas menghasilkan produk yang berupa jasa pendidikan, Rumah Sakit memasarkan produk yang berupa jasa kesehatan. Perbankan memasarkan jasa keuangan dan sebagainya (Gitosudarmo, 2014, hal. 21). 

Perusahaan atau organisasi saat ini sudah semakin meningkat kesadarannya tentang betapa penting dan bermanfaaTnnya pengembangan produk. Produk yang saat ini beredsar di pasar menghadapi akhir tahap daur hidup produknya dan harus diganti dengan produk yang lebih baru. Produk baru dapat didefinisikan sebagai barang dan jasa yang pada pokoknya berbeda dengan produk yang telah di pasarkan oleh sebuah perusahaan (Basu Swasta, 2008, hal. 181). 

Kunci keberhasilan suatu pembaharuan terletak pada pengelolaan organisatoris yang lebih efektif dalam menangani gagasan produk baru, menyelenggarakan penelitian mendalam dan prosedur pengambilan keputusan pada setiap tahap proses pengembangan produk baru (Suyanto, 2007, hal. 107). 

Pengembangan produk dapat ditunjukkan sebagai suatu proses berturutturut yang didasarkan pada informasi tertentu. Adapun tahap-tahap dalam siklus pegembangan produk adalah pencarian dan penyaringan ide tentang produk baru, pengembangan dan pengujian, dan penilaian.

Anda kesulitan menyusun Skripsi atau Tesis yang sedang anda buat, kami dapat mengarahkan anda ke Kontak Jasa penyusunan Skripsi, klik DISINI

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Produk dan Macam-Macamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel