Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lika-Liku Pembuatan Sirkuit Formula E Jakarta

Sirkuit Formula E yang dibuat oleh Kontraktor menurut gembar-gembornya kompas.com, media yang dikenal sebagai tempat pencitraannya Anis dinyatakan sebagai yang tercepat di dunia. 

Kompas  bisa benar bisa tidak, tapi karena kedudukannya sama Sperti TV One dan Metro dalam pristiwa pemilu 2019, yaitu sebagai media Buzzernya Anis, maka kita tidak perlu yakin pada media macam itu. 

Dengan uang 70 Milyar, membangun seupit jalan dengan panjang cuma 2 KM lebih, saya kira bukan perkara hebat, mengingat lokasinyapun di Ancol. Beda jika pembangunannya di suatu tempat yang dahulunya hutan belukar, gunung berpantai dan lain sebagainya. Jadi gak ada yang istimewa, tapi meski begitu kita juga harus mengapresiasinya, karena berhasil membuat. 

Sirkuit Formula E

Dimana-mana Sirkuit Formula E sebetulnya tidak perlu hebat-hebat, cukup menggunakan jalanan Kota sambil di aspal ulang agar mulus dan perlombaan berjalan. Hal ini dapat dimaklumi karena perlombaan ini sebetulnya tidak bergengsi. Itulah mengapa pada awalnya Anis merencanakan lokasi Sirkuit adalah jalanan Kota Jakarta sekitar Monas. 

Penjegalan Dari Pmerintah Pusat

Dana yang digelontorkan Anis untuk mengadakan Formula E ini bukan main-main, mencapai 1 Triliun bahkan bisa membengkak. Uang sebanyak itu kalau dijadikan rumah Tapak DP 0% udah ribuan unit. 

Pemerintah Pusat sepertinya geram, pas mengetahui uang untuk menggelar Formula E sangat besar lagi, dan mungkin tambah emosi jika uang sebanyak itu tidak ada peninggalannya. 

Tidak ada peninggalan karena perlombaan digelar dijalan, penontonnya juga nontonnya dijalan, habis selesai acara sudah tidak ada peninggalan. Jadi seperti hanya buang-buang duit saja. Kasusnya sama seperti proyek patung bambu, waring sungai dll, hanya saja dalam proyek yang baru lebih gede duitnya. 

Saya menduga karena hal itulah Formula E dijegal pusat, pemerintah pusat tidak mengizinkan jika Balapan digelar dijalanan Jakarta dan Monas. 

Selepas penjegalan apa yang terjadi? Ya terjadi adalah lobi-lobi, yang pada akhirnya memutuskan untuk membangun sirkuit khusus formula E di ancol. Hal ini disetujui pusat, ya karena memang selain nantinya ada peninggalannya, berbarengan dengan itu juga Ancol yang sebagai tempat wisata manjadi lebih menarik dimata wisatawan nantinya. 

Begitu,... 

Kita liat saja, seperti apa pelaksanaanya, apa ada pawang hujannya apa tidak 😁

Posting Komentar untuk "Lika-Liku Pembuatan Sirkuit Formula E Jakarta"