Cara Menyusun Skripsi Bab 1 yang Baik dan Benar

Penyusunan Skripsi diantaranya penyusunan Bab 1 dilakukan dengan cara yang mesti benar. Adapun cara menyusun skripsi Bab 1 yang baik dan benar adalah dengan melakukan langkah-langkah yang terorganisisr. 

Langkah pertama, pastikan anda sudah memiliki judul yang sudah disetujui (ACC) oleh Dosen Pembingbing. 

Selanjutnya cari teori-teori yang berkaitan dengan judul skripsi, contoh; apabila judul skripsinya "Pengaruh Gajih dan Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai di PT Nusabakti", maka teori yang perlu anda cari adalah teori tentang Gajih, Kepemimpinan dan Motivasi, selanjutnya ditambah dengan data profil tempat penelitian, dalam bahasan ini tempatnya adalah PT Nusabakti. 

Langkah ketiga adalah menyusun bagian-bagian atau kandungan bab 1 sesuai dengan panduan penyusunan Skripsi bab 1 yang berlaku dikampus anda masing-masing.

Umumnya, bagian atau judul-judul yang ada dalam Skripsi bab 1 adalah sebagai berikut;
  1. Latar Belakang Penelitian
  2. Masalah Penelitian
  3. Pertanyaan Penelitian
  4. Tujuan Penelitian, dan
  5. Sistematika dan Jadwal Penelitian  
Latar belakang berisi urian mengenai teori-teori yang berkaitan dengan penelitian. Teori yang satu dengan yang lainnya harus dipadukan dalam membuat bab 1. 

Penyusunan Latar Belakang Penelitian bisa menggunakan teori piramida terbalik, artinya dari bahasan yang umum kemudian baru mengerucut. 

Ada baiknya inti latar belakang dimulai dari uraian variabel dependen (Y) baru kemudian menguraikan teori yang mendukung jika variabel tersebut dipengaruhi oleh variabel independen (X1 dan X2). 

Pada contoh ini, anda mula-mula menguraikan Motivasi Kerja (Y) sesuai pendapat ahli, kemudian juga anda harus mengaitkan jika menurut ahli naik turunya motivasi dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya gajih dan Kepemimpinan (X1 dan X2).

Selepas itu, anda harus menyuguhkan fenomena yang terjadi di tempat penelitian, awas fenomena yang ditulis harus mengandung masalah, jangan yang tidak ada masalah. 

Contoh; fenomena yang ditemukan, bahwa Gajih di PT Nusabakti sesuai UMR bahkan ada bonus, Kepemimpinan di perusahaan juga baik, manager atau bos tidak bertindak semena-mena. Akan tetapi diperusahaan itu juga ditemukan data jika beberapa pegawai kedapatan malas-malasan dalam bekerja, seperti absensinya kurang baik, kinerjanya loyo dan hal-hal lainnya yang  berkaitan dengan rendahnya motovasi kerja.  

Fenomena di atas seperti bertentangan dengan teori yang menyatakan jika motivasi itu dipengaruhi oleh Gajih dan Kepemimpinan. Seharusnya kalau gajih dan kepemimpinannya baik sudah semestinya Motivasi kerja pegawainya harusnya baik pula. Fenomena macam inilah yang disebut sebagai masalah penelitian, oleh karena itu peneliti berhak untuk melakukan penelitian dengan judul.....(sperti penjelasan di atas), dalam penulisan bagian ini anda juga harus menguatarakan, jika judul penelitian yang semacam itu diajukan dengan tujuan menemukan jawaban yang pasti apakah gajih dan kepemimpinan di PT Nusajaya berpengaruh pada Motivasi kerja apa tidak. 

Langkah selanjutnya adalah membuat identifikasi masalah, langkah ini cukup mudah tinggal anda menuliskan "belum ditemukan secara pasti apakah motivasi kerja pegawai di PT Nusaja dipengaruhi oleh gajih dan kepemimpinan atau tidak". 

Berkenaan dengan pertanyaan penelitian, maka dalam kasus ini sebaiknya yang ditanyakan adalah 3 macam, yaitu (1) Bagaimana Pengaruh Gajih Terhadap Motivasi Kerja? (2) Seperti apa Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Motovasi Kerja, dan (3) Seperti apa Pengaruh Gajuh dan Kepempinan Terhadap Kinerja..?.

Tiga pertanyaan penelitian di atas konsep yang ditanyakan sebetulnya adalah (1) X1-Y, (2) X2-Y dan (3) X1,X2 -Y. 
Skripsi

Mengenai cara membuat tujuan penelitian, anda harus membuatnya sesuai dengan pertanyaan penelitian, kalau pertanyaannya tiga maka tujuannya juga tiga. Dalam kasus ini karena pertanyaan penelitiannya 3, maka tujuannya juga tiga. Dalam bahasan ini maka tujuan penelitian yang dimaksud adalah untuk; (1) menjelaskan pengaruh harga terhadap motovasi kerja (2) menjelaskan pengaruh kepemimpinan terhadap mitivasi kerja, dan (3) menjelaskan pe garuh harga dan kepemimpinan terhadap motivasi kerja. Begitulah cara membuatnya.

Adapun mengenai sistematika penulisan dan jadwal penelitian saya kira tidak usah dijelaskan, karena memang cara membuatnya disesuaikan dengan sistematika penulisan yang berlaku di kampus masing-masing. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyusun Skripsi Bab 1 yang Baik dan Benar "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel