Wayang Kholid Basalamah & Munculnya Karakter Baru dalam Wayang

Wayang dari berbagai macam jenis tokoh dan karakternya lahir sebagai akibat adanya sesuatu kejadian. Tahun 2022,  seorang Pendakwah Wahabi Kholid Basalamah dianggap menghina Wayang. Pada tahun ini pula Wayang dengan tokoh & karakter Kholid diciptakan oleh Dalang. Ini merupakan tonggak sejarah munculnya Wayang dengan Karakter Kholid. 

Dahulu, sebetulnya munculnya tokoh dan beberapa karakter wayang yang baru juga begitu, muncul sebagai akibat terjadinya sesuatu. 

Sebagai contoh. Munculnya tokoh dan karakter Cungkring ditenggarai terinspirasi dari munculnya Raja Baru (Mataram Islam) yang mana asal-usul dari Cungkring itu berasal dari Rakyat Jelata, maka dibuatlah lakon Cungkring Jadi Raja. Data kesejarahan yang valid memang cenderung sepakat jika Mataram itu dirikan oleh orang dari kalangan non darah biru. 

Wayang Kholid

Lakon Cungkring Jadi Raja menurut sebagian orang sengaja diciptakan oleh Sunan Kalijaga demi mendukung dan melegitimasi kekuasaan Kesultanan Mataram atas Jawa sebagai pengganti Pajang. Dengan adanya kisah wayang itu, diharapkan rakyat dapat menerima Mataram yang asal-usul rajanya dari rakyat jelata, karena meskipun Asal-usulnya dari rakyat biasa Cungkring mampu membawa kemajuan bagi negara. 

Belakangan, orang-orang dari Keraton Pecahan Mataram itu memang tidak nyaman jika leluhur mereka dianggap sebagai bukan darah biru, maka kemudian salah satu pujangga mereka, mencoba membuat kisah dan silsilah baru agar Mataram, khususnya pendirinya dinyatakan sebagai keturunan darah biru.

Apa hasilnya ?.  Hasilnya lahirlah kisah Brawija yang punya penyakit klamin, untuk mengobati penyakit kelamin itu maka sang Raja Majapahit itu menyetubuhi gadis prawan yang masih orisinil. Gadis itulah (Wandan Kuning) yang dikemudian hari dinyatakan melahirkan Raja-Raja Mataram Islam. Jadi dengan adanya kisah ini, Mataram punya cerita jika pendiri kerajaan mereka itu darah biru, turunan raja Majapahit. 

Terserah kamu percaya yang mana, percaya Asal-usul Raja2 Mataram itu sesuai lakon Cungkring Jadi Raja atau kisah Wandan Kuning. 

Sama seperti sekarang juga, terserah kamu, percaya jika Kholid Basalamah itu penista wayang sehingga menyebabkan para dalang wayang emosi atau percaya bahwa Dalang tidak sopan karena menghina Kholid.

Belum ada Komentar untuk "Wayang Kholid Basalamah & Munculnya Karakter Baru dalam Wayang "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel