Lulusan PBA Bisa Kerja Apa?

Telah menjadi maklum dikalangan masyarakat kita jika masuk dan lulus pada Jurusan dalam Universitas tertentu bisa mendapatkan pekerjaan yang layak. Sehingga tidak mengherankan juga apabila ada orang yang mempertanyakan menganai pekerjaan apa yang nantinya bisa dilakukan oleh lulusan PBA. 

PBA adalah kependekan dari Pendidikan Bahasa Arab, merupakan Jurusan dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Di Universitas Islam, Jurusan PBA masuk pada Fakultas Tarbiyah. 

Ditinjau dari jenis Fakultasnya, sebetulnya sudah jelas, bahwa nantinya lulusan PBA adalah orang yang akan menjadi tenaga pendidik (Guru) yang mengajarkan Bahasa Arab sebagai bidang mata pelajaran yang diajarkannya. Oleh karena itu, lulusan PBA dapat menjadi guru Bahasa Arab di MI, MTs ataupun di MA. 

Walaupun lulusan PBA secara kapasitas hanya diperuntukan untuk berkerja secara profesional dalam bidang pendidikan (Mengajar), pada praktiknya lulusan PBA tidak hanya dapat bekerja diranah itu saja.

Lulusan PBA selain mengajar juga dapat bekerja pada bidang-bidang lain, khususnya pada bidang pekerjaan yang membutuhkan keterampilan berbahasa Arab. 

Guru Bahasa Arab

Beberapa pekerjaan yang menanti lulusan PBA diantaranya adalah menjadi penerjemah Bahasa Arab di lembaga-lembaga pekerjaan yang beragam, seperti di perusahaan pariwisata, di perusahaan percetakan yang sedang melakukan penerjamahan Buku dan lain sebagainya. 

Bahasa Arab merupakan bahasa Internasional yang kedudukannya menjadi bahasa Resmi di PBB, selain itu bahasa ini juga menjadi bahasa Agama dalam agama Islam, sehingga penguasaan pada bahasa Arab bukan saja berguna untuk kepentingan finansial melainkan juga berguna untuk memahami ilmu-ilmu dalam agama Islam.

Lulusan PBA yang baik adalah mereka yang menguasai dan mampu mempraktikan kompetensinya sebagai Sarjana yang mahir dalam Bahasa Arab. Jika betul-betul telah menguasai Bahasa Arab, maka lulusan PBA selain dapat bekerja sebagai pengajar, ia juga akan dapat bekerja dalam bidang lain. 

Belum ada Komentar untuk "Lulusan PBA Bisa Kerja Apa?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel