Dampak Covid-19 pada Biaya Produksi dan Pendapatan Perusahaan

Dampak Covid-19 pada Biaya Produksi dan Pendapatan Perusahaan-Tanggal 31 Desember 2019, WHO China Country Office melaporkan kasus pneumonia yang tidak diketahui etiologinya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. 

Pada tanggal 7 Januari 2020, Cina mengidentifikasi pneumonia yang tidak diketahui etiologinya tersebut sebagai jenis baru coronavirus (coronavirus disease, COVID-19). 

Pada tanggal 30 Januari 2020 WHO telah menetapkan sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia atau Public Health Emergency of International Concern (KKMMD/PHEIC). 

Penambahan jumlah kasus COVID-19 berlangsung cukup cepat dan sudah terjadi penyebaran antar negara. (Kemenkes, 2020: 9). Salah satu negara yang terdampak cukup parah adalah Indonesia. 

Sejak 2 Maret 2020 hingga sekarang (Maret 2021) Covid-19 mewabah di Indonesia, pertama kali virus corona mulai terdeteksi setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan terdapat dua warga negara yang berasal dari Depok, Jawa Barat. 

Dua orang warga tersebut adalah satu orang perempuan berusia 31 tahun dan ibu berusia 64 tahun, keduanya diketahui terinfeksi Covid-19 setelah kontak fisik dengan warga negara Jepang (www.detiknews.com. 2020). 

Saat ini jumlah kasus corona di Indonesia semakin meningkat, jumlah kasus per Senin, 1 Maret 2021 mencapai 1.341.314 orang (www. kemenkes.go.id. 2021). 

Mewabahnya Covid-19 di Indonesia membawa banyak dampak bagi masyarakat Indonesia, salah satunya dampak ekonomi bagi masyarakat. 

Ekonomi masyarakat terganggu dikarenakan pemerintah Indonesia membatasi ruang gerak publik atau kegiatan sosial masyarakat seperti penutupan dan pembatasan akses ke luar negeri, penerapan sistem social distancing, penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), penerapan work from home (WFH), dan mengurangi armada tranportasi publik.(Wirajaya, 1: 2020)

Pembatasan kegiatan sosial di tingkat masyarakat mencakup pembatasan pada tempat kerja, kegiatan sosial, dan fasilitas umum (Permenkes, 9: 2020). 

Tempat-tempat itu merupakan titik aktivitas ekonomi masyarakat sehari harinya, sehingga apabila ruang geraknya dibatasi maka secara langsung dapat mempengaruhi perekonomian masyarakat. 

Karena perekonomian masyarakat terganggu maka secara otomatis juga biaya produksi dan  pendapatan sebelum dan sesudah wabah Covid-19 pada Perusahaan tertentu mengalami gangguan.

Belum ada Komentar untuk "Dampak Covid-19 pada Biaya Produksi dan Pendapatan Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel