Ki Gede Kedokan Sang Pengasuh Putra-Putri Sunan Gunung Jati

Ki Gede Kedokan adalah salah satu tokoh yang banyak disebut dalam sejarah Cirebon. Tokoh ini digambarkan sebagai seorang laki-laki yang piawai mendidik dan membuat senang anak-anak. 

Selain itu, tokoh Ki Gede Kedokan juga merupakan pendiri dan penguasa Desa Kedokan. 

Nama asli Ki Gede Kedokan adalah Abdul Khafi. Adapun asal-usul mengapa ia dikenal dengan nama Kedokan berkaitan dengan kiprahnya menjadi seorang pengasuh dan pendidik anak Sultan Cirebon (Sunan Gunung Jati)

Dahulu, berkat kepiawaiannya dalam mendidik anak-anak, Sunan Gunung Jati mempercayakan kedua anaknya yang masih kecil, yaitu Pangeran Jaya Kelana dan Pangeran Bratakelana kepada Abdul Khafi untuk di didik. 

Dalam bahasa Cirebon, orang yang diberi tanggung jawab disebut dengan istilah "Keedekan" (Terinjak). Karena diberi tanggung jawab mengurus kedua anak Sunan Gunung Jati itulah, Abdul Khafi dijuluki Keedekan. Namun seiring berjalanannya waktu kata Keedekan dilafalkan dengan Kedokan. 

Dikemudian hari ketika Sunan Gunung Jati mengizinkan Abdul Khafi membangun desa untuk ditinggali dirinya dan anak cucunya, desa tersebut oleh Abdul Khafi dinamai " Kedokan" Susana ia menjadi seorang Ki Gede (Penguasa) nya. 

Bahasan mengenai asal-usul Ki Gede Kedokan juga dapat anda simak pada Vidio yang telah Bung Fei buat berikut ini:



Belum ada Komentar untuk "Ki Gede Kedokan Sang Pengasuh Putra-Putri Sunan Gunung Jati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel