Cara Membuat dan Menyusun Kamus

Membuat atau menyusun kamus tentu tidak boleh sembarangan dan asal-asalan, cara membuat dan menyuunnya harus menggunakan metode penyusunan yang baik dan benar. 

Metode penyusunan kamus meliputi metode dan teknik atau prosedur penelitian. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan data-data yang ada secara objektif. 

Kamus disusun berdasarkan kata-kata yang diambil dari data yang sudah dikumpulkan dari berbagai sumber, baik majalah, surat kabar, naskah, atau buku tanpa memperbaiki atau memperhatikan baku atau tidaknya kata-kata tersebut dalam bahasa yang sedang kita teliti. Teknik penyusunan kamus yang digunakan meliputi tahap perencanaan, penyusunan, dan tahap penyajian. Adapun prosedur penyusunannya meputi beberapa tahap sebagaimana diuraikan berikut ini.

Tahap pengumupulan data (Heuristik)

Dalam tahap pengumpulan data atau heuristik, semua kosakata atau data yang terdapat dalam sumber data dikumpulkan, dengan cara menyajikannya  dalam kartu-kartu atau slip-slip data yang sudah disediakan berikut, makna, contoh kalimat, dan kode sumber data, bersadarkan entri, subentri, atau run on entry. Setiap kartu atau slip data berisi satu entri atau satu sub entri.

Tahap Penyeleksian Data (Seleksi)

Semua data yang telah terkumpul dalam bentuk kartu data atau slip data dipilih dan di seleksi. Kartu data yang benar-benar penting atau sudah terseleksi dipisahkan ke dalam satu kelompok yang merupakan bahan jadi untuk penyusunan kamus, sedangkan data yang tidak terpilih dipisahkan ke dalam kelompok lain untuk dipergunakan jika diperlukan di dalam pengecekan data.

Tahap Gradasi

Tahap gradasi merupakan tahap penentuan atau pemiihan tingkat utama tidaknya sebuah kata yang sudah kita seleksi. Dakam arti, kata-kata yang telah diseleksi ditentukan pennting atau tidaknya untuk dimasukkan.

Kata-kata disusun berurutan berdasarkan pola tertentu yang tetap, menurut urutan entri dan subentri/menurut urutan derrivasi tiap kata secara alfhabetis serta sistematis sesuai dengan metode penyusunan kamus serta sesuai dengan kepraktisannya.

Tahap Penyajian (Presentasi)

Tahap ini merupakan tahap akhir dari penyusunan kamus. Dalam tahap ini, kamus disajikan degan tujuan yang ingin dicapai. Data yang sudah digradasi secara alfhabetis dan sistematis ditik dan disajikan dalam bentuk buku/kamus siap pakai.

Setelah tahap penyajian selesai, kamus diharapkan dapat dicetak dan ditertibkan atau dipublikasikan kepada masyarakat secara luas.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat dan Menyusun Kamus "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel