Pengertian Diksi dan Macam-Macamnya

Diksi adalah pilihan kata yang dapat menentukan sebuah kalimat menjadi yang baik dan benar dalam menyampaikan maksud dan tujuan tertentu. Suheni (2009) mengatakan bahwa, diksi merupakan pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan).

Menurut Putrayasa (2007:7) diksi atau pilihan kata berasal dari kata dictionari (bahasa Inggris berupa kata dasarnya dictio) merupakan perihal pemilihan kata atau diksi untuk digunakan dalam sebuah kalimat.

Cukup banyak pengguna media sosial terdapat banyak pilihan kata tidak memahami kata untuk disampaikan, sehingga kalimat tidak dapat dipahami oleh penerima. Dapat disimpulkan bahwa, diksi sebagai pengguna dalam karangan mengarang dengan kalimat dapat dipahami oleh pembaca maupun penerima dengan baik.

Pemilihan kata yang benar dapat memudahkan pembaca atau pendengar dalam mengungkapkan gagasan atau ide yang hendak diucap atau disampaikan. Pemilihan kata dapat membantu seseorang membuat tulisan yang baik dan benar, karena ketepatan kata yang dipilih akan mudah dipahami.

Menurut Keraf (1999: 87), persoalan ketepatan kata akan menyangkut pula masalah makna dan kosa kata. Kekayaan kosa kata yang dimiliki dapat memungkinkan penulis atau pembicara lebih bebas memilih kata yang lebih tepat mewakili pemikiran. Pemilihan kata atau diksi tidak hanya mempersoalkan ketepatan kata namun juga dilihat dari kondisi baku tidaknya kata yang dipakai berkomunikasi.

Pengertian Diksi atau Pilihan Kata

Diksi merupakan pilihan kata dan kejelasan lafal untuk memperoleh efek tertentu dalam berbicara didepan umum atau dalam karang-mengarang. Dapat pula dikatakan bahwa diksi adalah penentuan kata-kata seorang pengarang untuk mengungkapkan gagasanya. Diksi yang baik yang sesuai dengan tuntuan cerita, keadaan atau peristiwa dan pembacanya (Al-Ma’ruf, 2009:50).

Macam-macam Diksi atau Pilihan Kata

Diksi mempunyai peran penting agar dapat diketahui oleh masyarakat. Penggunaan diksi yang baik adalah sesuai dengan konteksnya. Berikut ini macam-macam diksi terdiri dari:

Kata Konotatif 

Kata konotatif merupakan nilai komunikasi suatu ungkapan menurut apa yang diacu, melebihi di atas isinya yang murni dan konseptual. Kata konotatif adalah kata yang memiliki makna tambahan yang terlepas dari makna harfiahnya yang didasarkan pada perasaan atau pikiran yang timbul pada pengarang atau pembacanya. (Al-Ma’ruf, 2009:50)

Kata Konkret

Kata konket ( concrete ) ialah kata yang dapat dilukisan dengan tepat, membayangkan dengan jitu apa yang hendak dikemukakan oleh pengarang. Kata konket mengandung makna yang merajuk kepada pengertian langsung atau memiliki makna harfiah, sesuai dengan konvensi tertentu. (Al-Ma’ruf, 2009: 53).

Kata Nama Diri atau Sapaan

Nama Diri yang dipakai sebagai sapaan adalah kata yang dipakai untuk menyebut diri seseorang. Dengan kata lain, nama dapat diartikan sebagai kata yang berfungsi sebagai sebutan untuk menujukan orang atau sebagai penanda identitas seseorang (Al-Ma’ruf, 2009:56-57)

Kata Serapaan 

Kata serapaan adalah kata yang dimiliki diambil atau dipungut dari bahasa lain, baik bahasa asing maupun bahasa daerah, baik mengalami adapati struktur, tulisan dan lafal, maupun tidak ada sudah dikategorikan sebagai kosakata bahasa Indonesia. Artinya, dari segi penyerapanya, ada kata serapaan yang mengalami aaptasi (penyesuaian) dan ada yang mengalami adopsi (dipungut tanpa perubahan). Kata sapaan ada yang berasal dari bahasa daerah misalnya Jawa, Batak, dan Sunda, dan adapula yang berasal dari bahasa Arab, Inggris, Belanda, dan Spanyol. (Al-Ma’ruf, 2009:56-57).

Kata Vulgar

Kata vulgar merupakan kata-kata yang tidak intelek, kurang beradab, dipandang tidak etis, dan melanggar sopan santun atau etika social yang berlaku dalam masyarakat intelek atau terpelajar. Tegasnya, kata vulgar dalam masyarakat intelek dipandang tabu untuk di ucapkan atau digunakan dalam berkomunikasi bertarwarga masyarakat. (Al-Ma’ruf, 2009:57)

Kata dengan Objek Realitas Alam 

Kata dengan objek realitas alam adalah kata yang manfaatkan realitas alam sebagai bentuk kata tertentu yang memiliki arti. Adapun kosa kata bahasa. Jawa adalah kata dari bahasa Jawa yang digunakan pengarang untuk mengekspresikan gagasan adau melukiskan sesuatu dalam karyanya. Kosa kata bahasa Jawa itu dirasa lebih tepat dalam mengungkapkan gagasan dengan rasa dan muatan maknanya. (Al-Ma’ruf, 2009:57).

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Diksi dan Macam-Macamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel