Pengertian Prilaku, Macam-Macamnya Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Prilaku berkaitan dengan tindakan atau aktivitas seseorang, oleh karena itu seseorang yang hidup pasti memiliki prilakunya masing-masing. Antara satu individu dan individu lainnya dalam berprilaku mempuncai ciri khasnya masing-masing.

Landasan teori tentang prilaku dalam bahasan ini merujuk pada prilaku kesehatan, meskipun demikian guna memperoleh kesimpulan yang jelas menganai apa itu yang disebut dengan prilaku kesehatan diperlukan bahasan rinci mengenai prilaku secara umum kemudian baru dipadankan dengan pengertian kesehatan.

Secara bahasa, kata prilaku sebagaimana yang disebutkan dalam Kamus Besar Indonesia (KBBI, 2005: 859) adalah tanggapan atau reaksi individu terhadap rangsangan atau lingkungan. Sedangkan pengertian prilaku secara istilah banyak dikemukakan oleh para ahli,menurut Syamsul Arifin perilaku berarti “perbuatan atau tindakan dan perkataan seseorang yang sifatnya dapat diamati, digambarkan dan dicatat oleh orang lain ataupun orang yang melakukannya.

Menurut Suryabrata (1990: 826) perilaku berarti keseluruhan reaksi atau gerakan-gerakan dan perubahan jasmani yang dapat diamati secara obyektif.

Sedangkan menurut (Notoatmodjo, 2010: 20) perilaku adalah tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain : berjalan, berbicara, menangis, tertawa, bekerja, kuliah, menulis, membaca, dan sebagainya.  Berdasarkan uraian ini dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud prilaku adalah semua kegiatan atau aktivitas manusia, baik yang diamati langsung, maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar.

Berdasarkan penejalasan para ahli mengenai prilaku sebagaimana yang dijelaskan di atas, dapatlah juga dipahami bahwa yang dimaksud dengan prilaku  dasarnya adalah adalah tindakan atau aktivitas dari manusia.

Macam-Macam Prilaku

Macam-macam perilaku manusia berdasarkan teori “S-O-R” menurut Notoatmodjo (2010:20). dibagi menjadi dua, adapun penejlasannya adalah sebagai berikut:

Perlaku tertutup (covert behavior)

Perilaku tertutup terjadi bila respons terhadap stimulus tersebut masih belum dapat diamati orang lain (dari luar) secara jelas. Respons seseorang masih terbatas dalam bentuk perhatian, perasaan, persepsi, pengetahuan dan sikap terhadap stimulus yang bersangkutan. Bentuk “unobservable behavior” atau “covert behavior” yang dapat diukur adalah pengetahuan dan sikap.

Perilaku terbuka (overt behavor)

Perilaku terbuka ini terjadi bila respons terhadap stimulus tersebut sudah berupa tindakan atau praktik ini dapat diamati orang lain dari luar atau “observable behavior” (Notoatmodjo, 2010:20).

Berdasarkan penjelasan macam-macam prilaku di atas, dapatlah dipahami bahwa prilaku dibagi dalam dua macam yaitu prialku yang belum dapat diamati dan prilaku yang dapat diamati, dalam kaitannya dengan prilaku sehat seseorang juga demikian dapat diamati dan juga ada yang tidak bisa diamati.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prilaku

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prialaku, faktor-faktor tersebut dikelompokan menjadi beberapa bagian sebagai berikut:

Faktor-faktor predisposisi (predisposing factors)

Merupakan faktor yang terwujud dalam kepercayaan, keyakinan nilai-nilai dan juga variasi demografi, seperti : pengetahuan, status, umur, jenis kelamin dan susunan. Faktor ini bersifat dari dalam diri individu tersebut.

Faktor-faktor pemungkin (enabling factors)

Merupakan faktor pendukung yang terwujud dalam lingkungan fisik, termasuk di dalamnya adalah berbagai macam sarana dan prasarana, misal : dana, transportasi, fasilitas, kebijakan pemerintah dan lain sebagainya.

Faktor-faktor pendukung (reinforcing factors)

Faktor ini meliputi : faktor sikap dan perilaku tokoh masyarakat, tokoh agama, sikap dan perilaku petugas termasuk petugas kesehatan, undang-undang peraturan-peraturan baik dari pusat maupun pemerintah daerah yang terkait dengan kesehatan. , (Notoatmodjo, 2003: 128)

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku digolongkan menjadi tiga macam, demikian pula dengan prilaku sehat dimungkinkan dipengaruhi oleh ketiga faktor-faktor tersebut. Dan salah satu faktornya adalah pengetahuan yang masuk pada faktor predisposisi.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Prilaku, Macam-Macamnya Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel