10 Penyakit Kelamin Wanita yang Perlu Diwaspadi

Penyakit kelamin wanita biasanya disebabkan karena adanya infeksi atau gejala penyakit yang awalnya sudah muncul seperti Perih ketika mengeluarkan air kencing (anyang-anyang-an), berasa nyeri saat berhubungan badan, gatal pada area kelamin, keluar keputihan yang warnanya tidak wajar, muncul luka atau seperti harvest pada bagian area wanita. Selain gejal-gejala berikut terdapat juga penyakit kelamin wanita yang berbahaya dan dapat menular, akan dijabarkan sebagai berikut :

1. Penyakit kelamin Gonore

Penyakin kelamin gonore bisa terjadi pada wanita maupun pria, penyakit ini biasanya di cirikan dengan keluarnya nanah berdampingan dengan air kencing. Penyebab gonore disebabkan oleh bakteri yang bernama Neissera GonorrHoesa, bakteri ini berbahaya dan menular saat berhubungan intim.

2. Kutil Kelamin

Kutil kelamin atau benjolan kecil yang tumbuh di area vagina wanita. Baiasanya penyakit ini muncul karena jorok dan jarang membersihkan area kelamin dan juga dapat disebabkan karena sering berhubungan seksual dengan pria yang penyakitan. Kondisi tersebut termasuk infeksi menular. Kutil kelamin biasanya didampingin dengan rasa gatal, sensai seperti terbakar, serta nyeri dan pendarahan saat berhubungan intim.

3. Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasite Trichomonas Vaginalis. Penyakit ini biasanya disebabkan karena suka bergonta-ganti pasangan. Penyakit Trikomoniasis disebabkan oleh penyakit parasite Trichomonas Vaginalis yang menyebar melalui pria penyakitan. Bagi anda yang terbiasa seks dengan alat bantu, bisa jadi bakteri tersebut yang menularkan karena jarang dibersihkan. Gejalanya biasanya keputihan yang melebihi batas wajar dan berwarna kuning, kehijauan, dan gatal.

4. Infeksi Jamur Vagina

Vagina rentan sekali terkena jamur, hampir semua masalah penyakit kelamin wanita disebabkan jamur. Jamur bisa tumbuh karena wanita jarang membersihkan area kewanitaan dan memakai pakaian dalam yang super ketat.

5. Kista Bartholin dan Bartholintis

Kista Bartholis merupajan membengkaknya kelenjar Bartholin yang terletak dekat lubang vagina. Kelenjar Bartholin sendiri biasa berfungsi sebagai pelumas atau cairan alami vagina saat berhubungan intim.

6. Vulvovaginitis

Penyakit kelamin yang bernama Vulvovagonitis disebabkan karena infeksi bakteri dan menimbulkan jamur pada vaginam alergi terhadap cairan pelumas,= kondom atau sabun pembersih vagina.

7. Servisitis

Penyakit Servisitis disebabkan oleh peradangan pada leher Rahim. Penyakit ini disebabkan karena tertularnya bakteri atau infeksi pada vagina. Gejalanya dikuti dengan banyaknya keputihan yang keluar, keluar darah dari vagina, dll.

8. Salpingitis

Salpingitis meruapakan penyakit radang pada bagian Saluran Tuba atau tuba Falopi. Penyakit ini juga disebabkan melalu berhubungin intim bersama lelaki penyakitan.

9. Kanker Vagina

Penyakit kelamin wanita yang paling berbebahaya adalah kanker yang menyerang organ kelamin wanita yang biasa disebut kanker Serviks, Kanker Ovarium, Kanker Rahim, Kanker Vagina, dan kanker Vulva.

10. Aids dan Hiv

Hiv atau Aids adalah penyakit menular wanita yang tertular saat berhubungan intim. Singkatan dari Aids adalah Acquired Immunodeficiency Syndrome adalah penyakit infeksi karena rusaknya sistem ketebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV.

Saran bagi para wanita agar tetap sehat adalah dengan cara menjaga kebersihan vagina secara teratur, cek ke dokter jika itu diperlukan, jangan berganti-ganti pasangan saat berhubungan intim, menggunakan alat untuk berhubungan intim harap disterilkan agar bakteri tidak dapat berkembang biak ataupun menular. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel